SOLOPOS.COM - Salju di gurun Sahara. (Reuters)

Solopos.com, RIYADH — Bayangan pertama yang muncul di pikiran pertama kali saat mendengar kata gurun adalah pasir dan panas. Namun baru-baru ini hujan salju langka turun di Gurun Sahara Arab Saudi, setelah 50 tahun terakhir kali terakhir.

Gibran Ngaku Sudah Siapkan Program 100 Hari Pertama Pimpin Solo, Apa Saja Ya?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Melansir Esquire Middle East, Jumat (22/1/2021), hujan salju itu terjadi karena suhu turun di seluruh wilayah saat malam. Suhu turun hingga 2 derajat celcius. Suhu di Sahara biasanya bisa naik hingga 50 derajat. Namun belakangan ini ada suhu sedang yang tidak biasa pada bulan Januari.

Cuaca yang tidak biasa ini membuat banyak orang keluar dari rumahnya untuk menikmati salju, mengambil foto dan mengunggahnya di media sosial.

Muatan Truk Tronton Berceceran Saat Kecelakaan di Karanganyar, Video Penjarahan Minuman Isotonik Viral di Medsos

Salju di Gurun Sahara

Salju terlihat di seluruh negeri, namun penumpukan terbesar terjadi di seluruh wilayah Aseer, yang berada di selatan Mekah di sepanjang pantai Laut Merah. Ini menandai pertama kalinya dalam lebih dari 50 tahun salju terlihat sangat tebal, dan pertama kalinya dalam serratus tahun suhu serendah ini dicatat.

Salju lebat juga tercatat di seluruh wilayah termasuk di Aljazair, Lebanon, Iran, dan Suriah. Temperatur yang sangat rendah datang pada tahun 2020. Tahun tersebut dinobatkan sebagai tahun terdingin dalam sejarah.

Batal Dites Swab, Pengungsi Gempa Mamuju Dijemput Keluarga Dari STP Solo

Penurunan suhu ini memungkinkan kota Ain Sefra mengalami salju untuk keempat kalinya. Tiga kali lainnya terjadi pada 1979, 2017, dn 2017. Badai Salju datang hingga menimbulkan tumpukan sedalam satu meter di Ain Sefra.

Ain Sefra terletak di Pegunungan Atlas, 1.000 meter di atas permukaan laut dan dikenal sebagai "pintu gerbang ke gurun". Kota ini terletak di provinsi Nama di Aljazair di bagian utara Sahara, dekat dengan perbatasan Maroko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya