SOLOPOS.COM - SMAN 1 Karanganyar. (sekolah.data.kemendikbud.go.id)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pembelajaran tatap muka (PTM) di dua SMA di Kabupaten Karanganyar disetop setelah sejumlah guru dan murid terpapar Covid-19. Dua sekolah itu yakni SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2. Keduanya kini menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Jawa Tengah, Sunarno, mengatakan PJJ diterapkan sampai batas waktu yang belum ditentukan. “PTM di SMAN 1 dan SMAN 2 sudah disetop sejak Senin [14/2/2022] kemarin, diganti PJJ. Kita belum tahu kapan PTM dimulai lagi,” kata dia ketika berbincang dengan Solopos.com, Kamis (17/2/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinasi terus dilakukan Dinas Pendidikan dengan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 setempat. Koordinasi dilakukan untuk melacak kontak erat dari temuan kasus Covid-19 di lingkungan sekolah tersebut. Di dua sekolah itu, temuan kasusnya masing-masing seorang guru dan seorang siswa positif terpapar virus Corona.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Naik Tajam, Diduga Omicron Sudah Masuk ke Karanganyar

“Sekolah sementara PJJ dulu supaya tracing-nya tuntas dan tidak menyebar ke mana-mana,” katanya.

Temuan kasus positif Covid-19 di SMA/SMK sederajat di Karanganyar baru ditemukan di dua sekolah tersebut. Dinas Pendidikan berulang kali mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan agar temuan kasus Covid-19 bisa diminimalkan.

Sunarno tidak ingin ditemukan klaster sekolah. “Jangan pernah melepas masker di sekolah. Kami sudah wanti-wanti itu ke guru. Kalau sudah ditemukan kasus maka digelar PJJ,” katanya.

Baca Juga: Apa yang Salah dari Pidato Bupati Karanganyar soal Omicron yang Viral?

Dia mengatakan PJJ langsung diterapkan begitu ditemukan kasus positif Covid-19 di lingkungan sekolah tersebut. Selama PJJ, sekolah dengan penyemprotan disinfektan. “Jadi saat PTM berjalan lagi, kondisi sekolah sudah steril dan aman digunakan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya