Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Gurihnya Ikan Jendil, Makanan Khas Kabupaten Tersepi di Jawa Tengah

Ikan jendil merupakan makanan khas dari Kabupaten tersepi di Jawa Tengah, yakni Blora.
SHARE
Gurihnya Ikan Jendil, Makanan Khas Kabupaten Tersepi di Jawa Tengah
SOLOPOS.COM - Ikan jendil. (budaya-indonesia.org)

Solopos.com, BLORA — Sebagai Kabupaten tersepi di Jawa Tengah (Jateng), Blora ternyata memiliki makanan khas yang menggoda selera yakni iwak jendil atau ikan jendil.

Berdasarkan buku Provinsi Jawa Tengah Dalam Angka 2021 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng pada Februari 2021 lalu, disebutkan bahwa daerah tersepi di Jateng adalah Kabupaten Blora.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Kepadatan penduduk di Blora berkisar 490,05 per km². Angka tersebut tergolong paling rendah dibanding dengan 34 kabupaten/kota lain di Jateng.

Meski disebut sebagai kabupaten tersepi di Jawa Tengah, Blora juga memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah kuliner khasnya, termasuk ikan jendil. Nama ikan itu berawal dari warga sekitar Kecamatan Kradenan, Kedungtuban hingga Cepu, yang menyebut iwak jendil.

Baca Juga: Tahu Kupat Porsi Jumbo di Sukoharjo, Murah dan Kimplah-Kimplah

Ikan jendil merupakan spesies jenis ikan patin yang hidup di air keruh, tepatnya di Sungai Bengawan Solo.

Dikutip dari laman Dinas Pariwisata Kabupaten Blora, pariwisata.blorakab.go.id, Selasa (22/2/2022), ikan ini dapat diolah menjadi berbagai makanan lezat seperti sayur garang asem dan iwak jendil goreng. Ikan ini apabila digoreng rasanya renyah dan lezat hingga dapat membuat lidah Anda ketagihan.

Rasa ikan yang hidup di Sungai Bengawan Solo ini berbeda dengan ikan tawar lainnya. Daging ikan ini rasanya gurih dan empuk. Ukuran ikan ini juga lebih besar dari ikan sejenisnya. Ikan jedil yang diolah menjadi sayur garang asem memiliki cita rasa yang autentik dengan aroma yang mengunggah selera.

Baca Juga: Tahu Tek Khas Surabaya Ternyata Ada di Solo, Sudah Pernah Coba Lur?

Ikan jendil tak hanya lezat untuk disantap, namun juga memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh. Seperti meningkatkan kecerdasan anak, menguatkan gigi, mencegah penyakit jantung, menjaga kesehatan sistem syaraf, mengobati anemia, mencegah gagal ginjal, dan masih banyak lainnya. Itulah ikan jendil, salah satu ikan yang menjadi makanan khas dari Kabupaten tersepi di Jawa Tengah, Blora.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode