Gurihnya Camilan Kepelan Khas Pedan Klaten yang Gurih dan Nagih

Kuliner Kepelan khas Pedan Klaten memiliki rasa yang gurih dan renyah sehingga menjadi favorit para mahasiswa dan anak-anak.
Gurihnya Camilan Kepelan Khas Pedan Klaten yang Gurih dan Nagih
SOLOPOS.COM - Kepelan khas Pedan, Klaten. (klatenkab.go.id)

Solopos.com, KLATEN — Kabupaten Klaten, Jawa Tengah terkenal dengan banyaknya wisata air umbul yang alami. Selain wisata air, Klaten juga mempunyai aneka kuliner yang menggugah selera. Salah satu kuliner renyah dan perlu dicoba di Klaten yaitu kepelan khas Pedan.

Kuliner ini banyak ditemui di pinggir jalan sekitar Jalan Pedan – Trucuk dan dijajakan pedagang kaki lima dari sore hingga pada malam hari. Kepelan berasal dari dukuh Ciro, Kecamatan Pedan. Setelah berkembang dan banyaknya peminat, para penjual mulai membuka cabang ke tempat lain seperti di kelurahan Barepan, Kecamatan Cawas.

Baca Juga: Bikin Ngiler! Nikmatnya Pecel Ndeso Khas Solo yang Kini Jarang Ditemui

Kuliner ini bisa ditemukan di sebelah timur kantor Kelurahan Barepan atau sebelah Koramil Cawas. Bisa juga ditemui lewat Maps dengan nama Kepel Cawas Mas Hafidz. Warung ini buka dari pukul 15.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Kepelan khas Pedan.
Kepelan khas Pedan, Klaten. (Maps)

Kepelan Mas Hafidz ini mempunyai varian rasa yang nikmat, yakni rasa balado dan rasa bawang, yang dapat diberi tambahan saos atau sambal. Kepelan Mas Hafidz ni selalu ramai diburu para penikmat gorengan pada sore hari. Makanan ini menjadi favorit anak-anak dan para mahasiswa.

Baca Juga: Viral 2 Jam Ludes! Inilah Juaranya Belut Goreng Sambal Bawang di Mojolaban Sukoharjo

Jajanan Kepelan khas Pedan ini dibanderol dengan harga Rp.5000. Kuliner kepelan biasanya dibawa pulang untuk camilan dengan bungkus plastik. Rasa dari kepelan ini  gurih dan renyah. Apalagi saat disajikan dengan keadaan hangat bersama teh panas.

Cara membuat kuliner ini juga mudah. Kepelan dibuat dari adonan tepung terigu, telur ayam, merica, bumbu halus, air, bawang putih, bawang, dan penyedap rasa. Setelah adonan tercampur tinggal bentuk bulat-bulat, lalu digoreng dengan api sedang.

Baca Juga: Endul! Ada Mie Ayam Bakar Bumbu Rempah di Solo Baru Sukoharjo

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago