SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati sajian di Warung Rica Entok Mas Mamad di Kelurahan Ngadirejo, Kartasura, Sukoharjo, Selasa (8/10/2019). (Solopos-Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Makanan yang berbahan dasar daging ayam, ikan dan bebek tentu sering dijumpai. Namun, tak banyak makanan olahan berbahan dasar entok atau menthok dalam Bahasa Jawa.

Daging unggas ini cenderung berbau amis. Cara memasaknya pun berbeda dengan daging ayam. Di Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, banyak dijumpai warung yang menyediakan masakan berbahan daging entok.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satunya warung rica entok Mas Mamad yang terletak di RT 003/RW 007, Kampung Wiroragen, Kelurahan Ngadirejo, Kartasura.

Ekspedisi Mudik 2024

Tak mudah menemukan warung rica entok Mas Mamad. Lokasi warung terletak di tengah-tengah permukiman penduduk. Para pengunjung harus melewati jalan perkampungan dan rumah penduduk untuk menuju lokasi warung.

"Dahulu saya membuka warung kecil-kecilan di sisi selatan bekas benteng Keraton Kartasura pada 2011. Saat itu, saya hanya menyembelih beberapa ekor entok dalam sehari," kata pemilik warung rica entok Mas Mamad, Muhammad Taqwa, saat berbincang dengan , Selasa (8/10/2019).

Lantaran jumlah pengunjung makin bertambah, Mamad akhirnya berpindah berjualan di halaman rumahnya pada 2013.

Dalam sehari, Mamad bisa menghabiskan sepuluh ekor entok. Tak ada bau amis di daging entok yang dipotong-potong. Justru daging entok sangat lembut, kesat dan gurih dipadu dengan kuah santan yang kental.

"Salah satu ciri khas warung saya adalah sambal kemangi. Rasanya pedas dan gurih karena dicampur kuah rica entok," ujar dia.

Bagi pengunjung yang ingin mencicipi masakan lain tak perlu khawatir. Selain rica entok, ada pula menu bebek goreng, ayam goreng dan sambal belut.

Salah seorang pengunjung warung rica entok Mas Mamad asal Desa Gumpang, Kartasura, Nunik, mengaku menjadi pelanggan setia warung rica entok Mas Mamad sejak empat tahun ini.

Nunik kerap mampir di warung rica bersama rekan kantor atau keluarganya. "Sambal kemangi yang bikin ketagihan. Rasanya sangat pas jika makan rica entok saat siang hari," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya