Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Gunungkidul Diguncang Gempa Magnitudo 4,6, Tak Berpotensi Tsunami

Gunungkidul Diguncang Gempa Magnitudo 4,6, Tak Berpotensi Tsunami
author
Kaled Hasby Ashshidiqy Selasa, 27 April 2021 - 12:39 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Gempa Bumi di Indonesia. (Detik.com)

Solopos.com, SLEMAN -- Gempa berskala Magnitudo 4,6 mengguncang wilayah perairan setalan Gunungkidul, DI Yogkayakarta, Selasa (27/4/2021) pukul 10.22 WIB. Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa tektonik itu tidak berpotensi tsunami. Belum dilaporkan adanya kerusakan dari peristiwa tersebut.

Kepala Stageof BMKG, Ikhsan, menjelaskan gempa di wilayah Gunungkidul termasuk gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan Magnitudo 4.6.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8.740 LS dan 110.26843 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 91 km barat daya Gunungkidul pada kedalaman 24 km," katanya melalui rilisnya.

Baa Juga: Saatnya Warga Klaten Mewaspadai Potensi Klaster Buka Bersama

Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, lanjut Ikhsan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Ini terjadi akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo Australia. Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Gunungkidul, Bantul, Sleman dan Wonogiri II MMI.

Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

Terkait kemungkinan gempa susulan, Ikhsan menjelaskan hingga pukul 10.45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock). Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Hindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," pintanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN