Gunung Semeru Erupsi, 3 Gunung Berapi di Indonesia Siaga, 11 Waspada

Erupsi yang terjadi di Gunung Semeru memengaruhi aktivitas gunung berapi lain di Indonesia, di mana tiga berstatus Siaga dan 11 lainnya Waspada.
Gunung Semeru Erupsi, 3 Gunung Berapi di Indonesia Siaga, 11 Waspada
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Gunung Meletus. (Instagram/@lawuviasingolangu)

Solopos.com, LUMAJANG — Erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur sampai saat ini memengaruhi aktivitas vulkanik sejumlah gunung berapi di Indonesia. Saat ini ada tiga gunung berapi di Indonesia yang berstatus Level III atau Siaga per Selasa (7/12/2021).

Gunung Merapi

Dikabarkan Bisnis.com, Gunung Merapi yang berada di dua provinsi, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah, mengalami gempa vulkanik yang berkaitan dengan guguran, pertumbuhan kubah lava serta aktivitas tektonik.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMGB) melaporkan terjadi 167 kali gempa guguran, dua kali gempa fase banyak, sekali gempa vulkanik dangkal, dan dua kali gempa tektonik jauh.
Berkaitan dengan hal tersebut, masyarakat diimbau tidak melakukan kegiatan apapun pada radius 3 km dari puncak Merapi.

Baca juga: Ningsih Tinampi Ramalkan Gunung Semeru Meletus Sejak 2020

Gunung Ili Lewotolok

Gunung yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini secara visual tampak mengeluarkan asap putih dan kelabu dengan intensitas tipis hingga tebal setinggi 100-800 meter dari puncak. Dilaporkan pula terjadinya letusan disertai lontaran material pijar dengan gemuruh. Selain itu terjadi 33 kali gempa letusan atau erupsi, 119 kalu gempa hembusan, 11 kali tremor non-harmonik, sekali gempa vulkanik dalam, sekali gempa tektonik lokal, dan tremor merus dengan amplitudo 0.5-1 mm. Akibat kondisi tersebut, masyarakat disarankan tidak beraktivitas dalam radius 3 km dari puncak kawah.

Baca juga: Foto-Foto Yang Tersisa Dibalik Dahsyatnya Awan Panas Gunung Semeru

Gunung Sinabung

Berdasarkan laporan PVMBG disebutkan asap putih dengan intensitas tipis muncul di ketinggian sekitar 100-200 meter dari puncak. Gunung yang berlokasi di Sumatra Utara ini juga tercatat mengalami gempa berkaitan dengan pertumbuhan kubah lava dan tektonik.

Melihat kondisi tersebut, masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas di desa yang telah direlokasi serta dalam radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung.

Baca juga: Beda dari Batak, Suku Jawa Tidak Memiliki Marga, Kenapa?

Waspada 

Selain tiga gunung berapi berstatus Siaga, ada 11 gunung lainnya yang saat ini berstatus Waspada di Level II. Sebanyak 11 gunung itu adalah Ile Werung dan Gunung Sirung di NTT, Gunung Karangetang dan Gunung Soputan di Sulawesi Utara; Gunung Semeru di Jawa Timur; Anak Krakatu di Lampung; Gunung Dukono, Gunung Ibu, dan Gunung Gamalama di Maluku Utara; Kerinci di Jambi; dan Bromo di Jawa Timur.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago