SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi. (JIBI/dok)

Foto Ilustrasi. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, SIKKAGunung Rokatenda yang berada di Provinsi Nusat Tenggara Timur (NTT), Sabtu (10/8/2013) meletus sejak pukul 04.27 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengamat Gunung Rokatenda serta Sekcam Palue menyebut lima orang tewas menjadi korban awan panas. Mereka berada di pesisir Barat Daya (Pantai Punge, Desa Rukirole).

Korban terdiri dari tiga orang dewasa dan telah diketemukan. Sedang dua anak belum diketemukan. “Mereka sedang tidur di pesisir Punge,” ujar Fransicus Senda Wange, salah satu pengawas kepada Harianjogja.com.

Dari catatan mantan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Pulau Palue berjari-jari sekitar empat kilometer.

“Direkomendasikan agar tidak ada aktivitas masyarakat dalam radius tiga kilometer dari puncak Rokatenda dan tidak ada aktivitas dari alur lembah yang berhulu di puncak Gunung Rokatenda,” kata Surono.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mendukung relokasi dan memberikan biaya sejak pertengahan Juni 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya