top ear
GUNUNG RAUNG BANYUWANGI : Anda Punya Saudara di Banyuwangi, Kabarkan Status Siaga Gunung Raung
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi (Foto: Antara)

GUNUNG RAUNG BANYUWANGI : Anda Punya Saudara di Banyuwangi, Kabarkan Status Siaga Gunung Raung

Diterbitkan Senin, 29/06/2015 - 19:05 WIB
oleh Solopos.com/Aries Susanto/JIBI/Solopos
2 mnt baca -

Gunung raung Banyuwangi memasuki status siaga setelah menyemburkan asap dan getaran.

Madiunpos.com, BANYUWANGI – Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur yang semula berstatus Waspada (Level II), kini dinaikkan menjadi Siaga (Level III). Peningkatan status itu terhitung sejak Senin (29/6/2015) pukul 09.00 WIB.

Kepala Subbidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunungapi Wilayah Timur, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Dr Devy Kamil Syahbana, menyatakan, aktivitas Gunung Raung saat ini ditandai letusan strombolian yang intensif dan diikuti suara dentuman.

"Abu sudah mulai turun di desa-desa sekitar sepuluh kilometer di utara puncak," kata Devy, Senin (29/6/2015) siang.

Disebutkan Devy, situasi ini sudah dilaporkan sejak tiga hari yang lalu. Ada pilot yang melaporkan adanya abu pada ketinggian lebih kurang 3.500 meter.

Dilanjutkan Devy, hasil perhitungan energi aktivitas Gunung Raung juga menunjukkan peningkatan sangat tajam dalam tiga hari terakhir. Selama periode 1-29 Juni, terjadi peningkatan jumlah gempa vulkanik, perubahan tremor harmonik menjadi tremor vulkanik menerus dan menunjukkan adanya peningkatan energi vulkanik.

Sementara tinggi asap vulkanik berkisar antara 25 - 300 meter dari puncak gunung. Kemudian dari pos pengamatan sering terdengar suara gemuruh lemah hingga keras. Selain itu, pada 25 - 28 Juni teramati adanya sinar api di Puncak Gunung.

Dengan status siaga ini, masyarakat di sekitar Gunung Raung diminta tetap tenang, tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya, dan tidak beraktivitas dalam radius 3 km dari kawah Gunung Raung.

Gunung Raung yang berada Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Jember, aktivitasnya cenderung naik dan turun. Selama tahun 2014 tingkat aktivitas Raung sempat dinaikkan dari Level I (Normal) ke Level II (Waspada) pada 5 Januari 2014. Kemudian diturunkan dari Level II (Waspada) ke Level I (Normal) pada 17 Juni 2014. Berikutnya tingkat aktivitas dinaikkan lagi dari Level I (Normal) ke Level II (Waspada) pada 13 November 2014, dan naik lagi jadi Siaga (Level III) pada hari ini.

Selain Raung, gunung lainnya yang berstatus Siaga ada di Sulawesi Utara, yakni Gunung Karangetang, Gunung Soputan dan Gunung Lokon. Sementara Gunung Sinabung menjadi satu-satunya gunung yang berstatus Awas (Level IV) pada saat ini.


Editor : Avatar ,
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya