SOLOPOS.COM - Gunung Merapi

Harianjogja.com, MAGELANG–Pos Pengamatan Gunung Merapi di Babadan, Magelang melihat adanya tiga alur baru berwarna putih setelah letusan freatik Gunung Merapi, Senin (18/11/2013) pagi. Tiga alur baru ini berada di Barat menuju hulu Sungai Senowo Kabupaten Magelang.

Petugas Pengamatan Gunung Merapi Pos Babadan, Purwono mengatakan belum bisa memastikan tiga alur baru ini awan panas atau material. Sebab saat terjadinya letusan freatik, kondisi Gunung Merapi masih mendung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dugaan sementara, tiga alur baru ini bekas lontaran material berupa lumpur dan air. Alur ini berada di hulu Sungai Senowo dengan panjang sekitar 700 meter dari puncak Merapi.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kejadian pagi tadi. Secara visual bentukan alur itu tidak terpantau dari Pos Babadan karena masih tertutup kabut. Kami hanya mendengar suara gemuruh. Namun setelah 09.00 WIB kabut menghilang dan di puncak Merapi sisi Barat sudah ada tiga alur itu,” jelas Purwono.

Purwono mengaku tiga alur ini tidak membahayakan karena hanya sepanjang 700 meter dan jauh dari perkampungan. Setidaknya masih berjarak empat hingga lima meter dari perkampungan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magelang, Joko Sudibyo membenarkan hal ini. Dia mengimbau masyarakat di kawasan lereng Gunung Merapi untuk tetap waspada, tetapi tidak resah karena bentukan alur ini.

“Menurut pantauan memang masih jauh dari perkampungan. Namun kami tetap berharap warga untuk meningkatkan kewaspadaannya dan harus memahami karakter Gunung Merapi pascaerupsi 2010. Sebab tidak ada tanda-tanda untuk meletus, tiba-tiba letusan itu terjadi,” jelas Joko.

Joko mengatakan kawasan rawan bencana (KRB) III di 19 desa menjadi prioritas peningkatan kewaspadaan masyarakat. “Kami terus berupaya untuk mengimbau warga namun jangan resah,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya