SOLOPOS.COM - Gunung Merapi erupsi kembali pada Jumat (27/3/2020) pukul 10.56 WIb (Twitter/@BPPTKG).

Solopos.com, SOLO -- Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengalami erupsi lagi pada Sabtu (28/3/2020) pagi.

Menurut informasi yang ditayangkan melalui akun media sosial resmi Twitter Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Sabtu pagi, Gunung Merapi erupsi lagi pada pukul 05.21 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

PSSI Tunda Liga 2 Hingga Usai Lebaran, Ini Respons Pelatih Persis Solo

"Terjadi erupsi Gunung Merapi tanggal 28 Maret 2020 pukul 05:21 WIB. Erupsi tercatat di seismogram dgn amplitudo 50 mm dan durasi 180 detik. Teramati tinggi kolom erupsi 2000 m. Arah angin saat erupsi ke Barat," ujar pengelola akun @BPPTKG.

Pelayanan Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Solo Dihentikan, Sampai Kapan?

BPPTKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan menjauh dari Gunung Merapi dengan jarak aman tiga kilometer dari puncak.

"Tetap tenang nggih Warga Merapi, masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa di luar radius 3 km dari puncak Merapi," lanjutnya.

Hari Ini Dari Sejarah: 28 Maret 1854, Inggris-Prancis Perang Lawan Rusia

Status Waspada

Meski terjadi erupsi pada pagi ini, gunung setinggi 2.930 mdpl itu tetap berada di status waspada (level II). "Masyarakat diimbau utk tetap tenang & beraktivitas spt biasa. Tingkat aktivitas Waspada (level II). Jarak bahaya dalam radius 3 km dari puncak," urainya.

Ingin Wabah Corona Segera Berakhir? Mahamenteri Keraton Solo Tedjowulan Sarankan Ini

Sebelumnya, Merapi juga mengalami erupsi pada Jumat (27/3/2020) pukul 21.46 WIB dengan tinggi kolom erupsi 1.000 meter di atas puncak dan condong ke arah barat. Total dalam 24 jam terakhir, Gunung Merapi erupsi sebanyak tiga kali.

Jika dibandingkan dengan erupsi pada Jumat (27/3/2020) pukul 10.56 WIB, kekuatan letusan Gunung Merapi hari ini lebih kecil, yakni tinggi kolom hanya 2.000 meter. Sedangkan pada Jumat siang, tinggi kolom mencapai 5.000 meter.

Pulau-Pulau Ini Jadi Angker Setelah Ditinggalkan Penduduknya, Berani Datang?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya