;

Gunung Manggir, Wisata Alam Ngehits di Blora

Seperti wisata pegunungan pada umumnya, Gunung Manggir memiliki udara yang sejuk dan juga pemandangan alam yang indah.
SHARE
Gunung Manggir, Wisata Alam Ngehits di Blora
SOLOPOS.COM - Pemandangan dari puncak Gunung Manggir Blora (Instagram/@ahmad.arifin04)

Solopos.com, BLORA — Gunung Manggir adalah wisata alam berupa pegunungan yang lokasinya berada di perbukitan Manggir, Desa Ngumbul, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Berada di perbukitan batuan kapur, gunung ini memiliki ketinggian sekitar 250 meter di atas permukaan laut (mdpl)

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Sabtu (14/5/2022), di puncak Gunung Manggir ini terdapat goa dengan tiga trap atau tingkatan, yaitu trap atas/trap pertama, trap tengah dengan kedalaman lebih dari 15 meter, dan trap bawah dengan kedalaman lebih dari 7 meter. Di dalam goa ini terdapat stalaktit dan stalakmit yang unik.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Seperti wisata pegunungan pada umumnya, Gunung Manggir memiliki udara yang sejuk dan juga pemandangan alam yang indah. Di sana juga banyak hewan-hewan liar yang bisa ditemukan. Di puncak Gunung Manggir ini juga terdapat tanah lapang seluas 5 cm yang bisa dimanfaatkan untuk berswafoto dan bersantai ria.

Salah satu panorama indahnya adalah pemandangan pepohonan jati yang lebat yang merupakan kekhasan dari Kabupaten Blora. Selain itu, terdapat juga pemandangan persawahan dan juga perumahan warga. Di lokasi ini juga disediakan beberapa fasilitas yang cukup, seperti area parkir untuk kendaraan, mushola, toilet dan kamr mandi serta penginapan.

Lokasi Gunung Manggir ini lumayan jauh, yaitu berkisar dari 40 km sebelah barat pusat Kabupaten Blora. Lokasi in dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Tanah lapang yang ada di puncak Gunung Manggir ini juga bisa digunakan sebagai tempat untuk berkemah.

Baca juga: Blora Penghasil Kayu Jati Terbaik di Dunia, Tapi…

Ekspedisi Energi 2022

Suasana petualang yang ada di gunung ini membuat pengunjung Gunung Manggir ini didominasi anak-nak muda. Jika ingin berkemah, pastikan perbekalan lengkap, mulai dari makanan dan kebutuhan-kebutuhan lainnya karena jika sudah berada di lokasi, cukup sulit untuk mencari segala kebutuhan, seperti makanan.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago