SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.(Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengusulkan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka pada masa pandemi Covid-19 dimulai lebih dulu dari tingkat perguruan tinggi. Gagasan itu mendahulukan mahasiswa dalam pembelajaran tatap muka alias PTM itu bahkan telah dibicarakan dengan pemerintah pusat.

Gagasan tersebut disampaikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mendampingi Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartanto, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Semarang, Rabu (10/3/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sudah kita bicarakan dengan Pak Menko juga persiapan sekolah masuk. Kita persiapkan dengan baik, simulasinya. Kita mungkin akan memulai dari perguruan tinggi [kegiatan belajar tatap muka],” ujar Ganjar saat dijumpai wartawan di sela kegiatan.

Baca Juga: Ini Permintaan SBY ke Jokowi…

Ganjar menambahkan jika nanti pembelajaran tatap muka (PTM) kembali dibuka sebaiknya tidak langsung secara menyeluruh. Siswa yang diizinkan masuk jumlahnya dibatasi dan tidak semua.

“Mungkin kalau bisa dimulai agak awal dengan persentase yang masuk sedikit, bisa lebih baik,” imbuh Ganjar.

Mulai Juli

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, mengusulkan agar kegiatan belajar mengajar di sekolah bisa dimulai Juli nanti. Sebagai persiapan, Nadiem mengusulkan agar tenaga pendidikan atau guru divaksin Covid-19 lebih dulu.

Baca Juga: Peluang Bisnis Bakso Waralaba

Ganjar belum memberikan keputusan atas usulan Mendikbud tersebut. Meski demikian, beberapa daerah di Jateng seperti Kabupaten Batang sudah memulai proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah di Batang bahkan telah dimulai sejak Selasa (9/3/2021) untuk jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Sementara itu disinggung pelaksanaan vaksinasi di Jateng, Ganjar mengaku saat ini sudah berjalan baik. Beberapa kelompok masyarakat mulai dari tenaga kesehatan, pelayan publik, wartawan, santri, ulama, dan tokoh masyarakat sudah menerima vaksin Covid-19.

“Tadi saya juga usulkan agar ekonomi bisa segera berjalan, nanti kita lakukan [vaksinasi] ke pelaku ekonomi. Bisa dilakukan seperti yang di Jakarta dan Solo, agar ekonomi bisa menggelinding. Mungkin PR-nya adalah vaksin masuk,” terang Ganjar.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya