SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berdialog dengan salah satu peserta Siksorogo Lawu Ultra 2022 di Sekipan, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar pada Minggu (4/12/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning W)

Solopos.com, KARANGANYAR– Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak mampu menyelesaikan target lari 15 Km di ajang kompetisi lari menjelajah Gunung Lawu di Sekipan, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar pada Minggu (4/12/2022).

Ganjar harus menyerah di jarak 5 Km di acara bertajuk Siksorogo Lawu Ultra (SLU) 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya harusnya 15 Km, tapi karena ada urusan jadi hanya 5 Km,” kata dia kepada Solopos.com, di jumpai di lokasi Sekipan.

Ganjar mengikuti ajang kompetisi lari di Gunung Lawu seorang diri. Tidak seperti diberitakan sebelumnya direncanakan bersama sang istri Siti Atikoh.

Ekspedisi Mudik 2024

Ganjar mengaku sangat terkesima dengan gelaran kompetisi lari Siksorogo Lawu Ultra tersebut. Para pelari disuguhi trek dengan keindahan alam Gunung Lawu.

Baca Juga: Pria 70 Tahun Asal Madiun ini Siap Jalani Siksorogo di Gunung Lawu

Hal ini menjadi potensi besar bagi Karanganyar khusunya Tawangmangu untuk menjadikan Siksorogo Lawu Ultra sebagai agenda tahunan.

“Sangat bagus sekali. Saya sebenarnya ingin sampai selesai 15 Km, tapi karena ngejar waktu hanya bisa 5 Km. Tempatnya keren sekali dan ini untuk taraf trail runner salah satu paling bagus,” katanya.

Dalam kompetisi kali ini, Ganjar mengatakan cuaca juga sangat mendukung. Tidak terlalu dingin sehingga pelari mampu melewati rintangan yang ada.

Plt Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Karanganyar, Timotius Suryadi mengatakan Siksorogo Lawu Ultra 2022 diikuti sebanyak 2.063 peserta dari 11 negara. Kegiatan tersebut digelar selama dua hari yakni Sabtu-Minggu (3-4/12/2022).

Para atlet mampu menyelesaikan kegiatan dengan sempurna. Termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang secara pribadi mengikuti Siksorogo Lawu Ultra tersebut.

Baca Juga: 2.063 Pelari dari 11 Negara akan Ikuti Siksorogo Lawu Ultra di Karanganyar

“Pak Gubernur ikut tanpa protokoler. Dia ikut secara pribadi dan sangat antusias mengikuti Siksorogo ini,” katanya.

Dia mengatakan Siksorogo Lawu Ultra mampu menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung ke Karanganyar, terutama di kawasan wisata Tawangmangu. Kompetisi lari ini memberikan multiplayer effect besar bagi Tawangmangu. Dimana tingkat keterisian kamar hotel atau sewa penginapan, penuh.

“UMKM bergeliat merasakan efek yang luar biasa dari kegiatan ini. Ini sangat bagus sekali bagi pariwisata di Karanganyar,” katanya.

Sebelumnya, lomba lari jelajah alam lereng Gunung Lawu Siksorogo 2022 menjadi tahun ketiga digelar, setelah sempat vakum 2 tahun karena pandemi Covid-19.

Ada 2.063 peserta yang ambil bagian dalam perlombaan tersebut. Ada 5 nomor yang diperlombakan dalam kejuaraan lari jelajah alam kali ini mulai dari 7 Km, 15 Km, 30 Km, 50 Km hingga 80 Km.

Siksorogo Lawu Ultra digelar selama dua hari mulai Sabtu-Minggu (3-4/12/2022). Nomor lari 80 Km dan 50 Km mulai digelar pada hari pertama Sabtu pagi dan malam. Sedangkan nomor lari 7 Km, 15 Km dan 30 Km digelar pada Minggu pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya