SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat tambil di podcast Youtube Deni Sumargo, Jumat (24/6/2022). (Youtube)

Solopos.com, SOLO — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berbagi tip bagi para jomblo yang ragu menikah karena keuangan tak cukup.

Tip bagi jomblo itu dibagikan Ganjar Pranowo saat tampil dalam podcast di kanal Youtube CURHAT BANG Denny Sumargo, diunggah Jumat (24/6/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat mewawancarai Ganjar, Denny Sumargo bertanya tentang jomblo yang ragu-ragu untuk menikah karena tidak punya harta yang cukup.

Meskipun tip menikah, Ganjar yang politikus PDIP itu tetap mengaitkannya dengan politik.

Ekspedisi Mudik 2024

Gubernur berciri khas rambut putih tersebut lantas menyebut salah satu pernyataan Presiden RI Sukarno terkait kemerdekaan Indonesia yang diilustrasikan dengan orang menikah.

Baca Juga: Cerita Lucu Ganjar Pranowo Tidur di Kasur Susun Sekolah Partai PDIP

“Baca buku Bung Karno. Ibarat kamu mau merdeka. Kamu merdeka gak sebagai bangsa? Merdekalah sekarang! Oh nanti dulu, harus disiapin dulu negaranya, pemerintahannya disiapin dulu, SDM-nya belum mampu siapin dulu. Tidak akan pernah merdeka jika kamu berpikir seperti itu. Nah sekarang tinggal saya balik, merdeka itu seperti orang menikah, orang menikah seperti orang mau merdeka. Bekalnya adalah keyakinan yang kuat,” ujar Ganjar menirukan pengandaian Bung Karno tentang konsep merdeka dan orang menikah.

“Maka ketika kamu sudah yakin merdeka, merdekalah sekarang, kamu yakin ingin menikah, menikahlah sekarang,” lanjut Ganjar.

Baca Juga: Doa Enteng Jodoh, yang Jomblo Wajib Baca!

Seperti Indonesia yang lantas berbenah setelah merdeka, ujar Ganjar, begitulah orang yang menikah.

Dengan berbekal keyakinan tinggi kepada Tuhan, orang yang sudah menikah akan dibukakan jalan meraih rezeki dan kesuksesan. Karena itu, menurutnya, tidak ada alasan bagi jomblo untuk ragu menikah jika memang dia telah mempunyai keinginan menikah.

“Menikah seperti negara mau merdeka. Kalau menunggu semua disiapin dulu, tidak akan pernah merdeka. Menunggu punya kasur empuk dulu, punya rumah yang bagus dulu, gak jadi menikah akhirnya. Saya seorang muslim, hal yang perlu disegerakan itu selain memakamkan orang meninggal adalah menikah. Jadi kalau sudah merasa mampu, menikahlah. Yang diperlukan keyakinan,” tandasnya.

Baca Juga: Krisis Angka Kelahiran, Jepang Pakai AI Untuk Bantu Jomblo Cari Pasangan

Ganjar mengungkapkan, salah satu yang harus dipahami bagi orang yang akan menikah adalah bahwa tidak ada jodoh yang sempurna. Setiap orang mempunyai kelebihan dan kelemahan sehingga para jomblo harus siap untuk berkompromi setelah menikah.

“Yang sempurna itu hanya gambaranmu saja. Masak mau menikah dengan gambar? Yang penting dicari titik kompromi. Dari atas turun, dari bawah naik sampai ketemu titik komprominya. Begitu juga dari kanan ke kiri, kiri ke kanan sampai ketemu titik temunya. Intinya saling paham kelebihan dan kekurangan lalu memakluminya,” tandas suami mantan wartawan Solopos, Siti Atiqoh Supriyanti itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya