SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Bisnis-Nyoman Ary Wahyudi)

Solopos.com, JAKARTA — Polemik seputar penyelenggaran balapan mobil listrik Formula E terus bergulir. Terbaru, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, membantah dengan tegas jika penentuan venue untuk ajang balap mobil listrik Formula E di Jakarta itu akan ditentukan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Hal ini disampaikan Anies untuk menampik pernyataan Co-Founder Formula E, Alberto Longo, yang mengatakan bahwa venue balap mobil listrik di Jakarta itu akan ditentukan Presiden Jokowi. Rencana, keputusan terkait venue Formula E di Jakarta itu diumumkan sebelum Natal 2021.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Enggak ada. Lo masa lokasi presiden. Ya enggak lah. Lokasi kok masa urusan presiden,” kata Anies, dikutip dari Liputan6.com, Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Tokoh Indonesia Timur Dukung Anies Baswedan Maju Capres 2024

Anies Baswedan menyampaikan bahwa penentuan venue Formula E di Jakarta dilakukan oleh tiga pihak. “Ya FEO [Formula E Operations], IMI [Ikatan Motor Indonesia] dan Jakpro [PT Jakarta Propertindo]. Tiga itu,” ujarnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menyebut bahwa pihak Pemprov DKI tengah meminta IMI untuk meluruskan kabar tentang penentuan venue Formula E akan diputuskan Jokowi. “Saya tadi sudah minta. Nanti IMI akan melakukan klarifikasi soal ini. Masa soal lokasi ke presiden,” ucap Anies Baswedan.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menyambut baik jika Presiden Jokowi bersedia memutuskan venue Formula E yang digelar di Jakarta nanti. Ia menilai hal itu sebagai bentuk keterlibatan pemerintah pusat dalam ajang balap mobil listrik pertama di Indonesia tersebut.

“Ya memang kalau ada keinginan pemerintah pusat untuk terlibat aktif tentu kami sangat senang dan bersyukur. Itu artinya pemerintah pusat memberi perhatian yang lebih, perhatian yang baik kepada penyelenggaraan karena ini tidak hanya menyangkut nama baik Kota Jakarta, tapi juga nama Indonesia,” katanya.

Baca juga: Ajang Formula E Jalan Terus, Anies Siapkan 5 Venue

“Tentunya Bapak Presiden memberi perhatian yang baik kami berterima kasih dan bersyukur,” sambung dia.

Dia mengharapkan titik venue ajang balap mobil listrik atau Formula E yang akan ditunjuk Presiden Jokowi dapat dipilih tempat yang terbaik bagi kepentingan semua pihak. Mengenai kriteria tempat, Riza menyerahkan hal itu kepada ketentuan yang ada.

“Terkait nanti titik mana yang ditunjuk, kami serahkan kepada aturan dan ketentuan yang ada, yang sudah diatur oleh pihak Formula E. Semua ada syarat yang harus dipenuhi. Tentu harapan kita tempat yang ditunjuk nanti tempat yang terbaik bagi kepentingan semua,” kata Riza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya