SOLOPOS.COM - nies Baswedan, Erick Thohir, dan Budi Karya Sumadi tampak kompak mengenakan batik saat meresmikan penataan stasiun tahap kedua di Stasiun Tebet, Rabu (29/9/2021). (detik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjanjikan tarif lebih murah untuk transportasi para pensiunan hingga pelajar.

Pemprov DKI Jakarta bersama stakeholder terkait mengembangkan tiket integrasi melalui kartu dan aplikasi Jaklingko.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Gandeng Erick Thohir dan Budi Karya, Anies: Jabodetabek Mendunia 

“Sistem ini bukan saja lebih nyaman tapi insyaallah berkeadilan. Karena jika sudah tuntas proses integrasinya, sistem ini memungkinkan ada price differentiation. Kita akan bisa memberikan harga berbeda untuk penumpang berbeda,” kata Anies di Stasiun Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (29/9/2021) seperti dikutip detik.com.

Anies mengatakan kebijakan ini sudah diterapkan di sejumlah negara di dunia.

Dia mencontohkan biaya transportasi untuk pensiunan, pelajar, dan guru yang bisa lebih murah.

“Misal para veteran dan pensiunan diberikan harga lebih murah, kepada para pelajar diberikan harga lebih murah. Jadi kita bisa menerapkan sistem itu pada guru, pensiunan guru dan orang berjasa,” jelasnya.

Suatu Golongan

Mantan Mendikbud itu menilai penyesuaian tarif ini sebagai reward terhadap suatu golongan.

Jadi, di masa yang akan datang, Jakarta menjadi terobosan baru terhadap perubahan subsidi barang menjadi perorangan di Indonesia.

“Di berbagai wilayah dunia tahu persis, makanya sering digunakan honorarium, itu bukan upah itu kehormatan. Kita berharap dengan ada sistem baru ini, nantinya differentiation price akan dilakukan,” ujarnya.

Baca Juga: Diserang PSI, Anies Baswedan Disebut Pura-Pura Peduli Rakyat 

“Ini diharapkan menjadi inovasi karena mengonversikan subsidi barang menjadi orang,” sambung Anies.

Tadi siang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan penataan stasiun tahap kedua di Stasiun Tebet dan Stasiun Palmerah, Jakarta.

Integrasi Jabodetabek

Kedua stasiun ini akan menjadi integrasi transportasi di Jabodetabek.

“Acara hari ini monumental bukan saja sebagai batu loncatan bagi munculnya pelayanan lebih baik. Ini membuktikan bahwa kolaborasi bila dikerjakan dengan serius dan sampai tuntas dia menghasilkan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat,” kata Anies di Stasiun Tebet, Jakarta Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya