SOLOPOS.COM - Gua Sentono. (ksmtour.com)

Solopos.com, BLORA— Kabupaten Blora dikenal dengan sejumlah objek wisata peninggalan orang zaman dahulu, salah satunya yaitu Gua Sentono.

Keberadaan gua ini sudah tak asing bagi warga sekitar. Meski jauh dari kawasan pusat pemerintahan Kabupaten Blora, tempat ini menjadi destinasi wisata keluarga di akhir pekan.

Promosi Program Klasterkuhidupku BRI Bikin Usaha Telur Asin di Lamongan Tambah Sukses

Tempat wisata situs Gua Sentono berlokasi di perbukitan kapur, Dukuh Sentono, Desa Mendenrejo, Kecamatan Kradenan, Blora. Lebar gua ini sekitar 3 meter dengan ketinggian 2,5 meter, dan kedalaman sekitar 10 meter.

Dikutip dari laman agen perjalanan ksmtour.com, Selasa (22/2/2022), Sentono termasuk gua yang terbuat dari alam. Pada zaman dahulu, gua ini dijadikan sebagai tempat bersemedi dan pertapaan umat Hindu. Hal itu dapat diketahui dari relief atau gambar Dewa umat Hindu pada dinding gua.

Baca Juga: Api Mrapen Grobogan, Api Abadi yang Muncul dari Tongkat Sunan Kalijaga

Situs Gua sentono menjadi salah satu tempat yang kerap dikunjungi masyarakat untuk berdoa. Banyak pengunjung yang berdoa di gua ini pada malam hari hingga menjelang Subuh.

Bagi pengunjung harus berhati-hati saat menyusuri gua karena minimnya penerangan. Bentuk bagian dalam gua yang mengerucut membuat pengunjung harus membungkuk saat menyusuri Gua Sentono di Blora ini.

Dikutip dari laman Pemerintah Kabupaten Blora, blorakab.go.id, Gua Sentono menjadi lokasi kegiatan Festival Sentono. Festival ini dimeriahkan pertunjukan Tari Gambyong massal dan juga kirab gunungan. Kegiatan tahunan ini selalu dinantikan warga Kecamatan Kradenan.

Baca Juga: Hidden Gems! Curug Semawur, Objek Wisata Kendal yang Masih Asri

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempromosikan situs budaya Gua Sentono yang memiliki nilai-nilai sejarah kepada masyarakat luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya