SOLOPOS.COM - Pengunjung saat mengangantre untuk menyusuri Goa Pindul di Kalurahan Bejiharjo, Karangmojo. Jumat (6/5/2022). - Harian Jogja/David Kurniawan

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Objek wisata susur Gua Pindul di Kalurahan Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, DI Yogyakarta, dipadati wisatawan pada saat libur Lebaran 2022. Selama libur Lebaran lebih dari 1.000 orang berkunjung di Gua Pindul setiap harinya.

Direktur Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) Maju Mandiri di Kalurahan Bejiharjo, Saryanto, mengatakan sejak Sabtu (30/4/2022) pengunjung mulai berdatangan untuk menikmati sensasi susur Gua Pindul. Jumlah ini terus meningkat seiring memasuki libur setelah Perayaan Hari Raya Idulfitri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Rata-rata setiap harinya ada 1.000 pengunjung yang datang ke Pindul,” kata Saryanto kepada wartawan, Jumat (6/5/2022).

Meski demikian, ia tidak menampik kondisi kunjungan sekarang belum pulih seperti Lebaran sebelum pandemi Covid-19. Hanya saja, Saryanto mengaku bersyukur karena geliat wisata di Gua Pindul sudah mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan.

Baca Juga: Kapal Nelayan Hilang di Perairan Gunungkidul Pencarian Terus Dilakukan

“Kapasitas kunjungan per hari mencapai 3.000 orang. Dengan kunjungan Lebaran mencapai 1.000 orang per hari atau mencapai 30 persen dari kapasitas normal sudah sangat bagus karena memang ekonomi belum sepenuhnya pulih,” katanya.

Disinggung mengenai harga jasa masuk Pindul, Saryanto mengungkapkan setiap pengunjung dipatok tarif Rp40.000. Selain itu, pengunjung juga ditarik retribusi Rp10.000 per orang.

“Sudah ada kesepakatan antar operator. Selain ke Pindul, pengunjung juga bisa merasakan sensasi rafting di Kali Oya,” ujarnya.

Baca Juga: 25.000 Orang Tumpah di Pantai Gunungkidul, Jalur Wisata Macet

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Mohammad Arif Aldian mengatakan, selama libur Lebaran ada lonjakan signifikan di kawasan wisata. Di momen ini menargetkan kunjungan sebanyak 154.403 orang dan dengan tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi tiket masuk wisata sebesar Rp1,2 miliar.

Aldian optimistis target ini bisa dipenuhi karena hingga H+2 Lebaran sudah ada pengunjung sebanyak 80.338 orang yang memadati kawasan wisata di Bumi Handayani. Menurut dia, destinasi pantai masih menjadi primadona karena mayoritas kunjungan ke kawasan ini.

“Memang ada destinasi selain pantai, seperti Gua Pindul atau di kawasan utara ada Embung Nglanggeran atau Batara Sriten, tapi jumlah yang datang tidak sebanyak yang ke pantai,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Libur Lebaran, Pindul Dikunjungi 1.000 Wisatawan Setiap Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya