SOLOPOS.COM - Timnas Belgia (Dok/JIBI)

Solopos.com, SAO PAULO — Laman Soccerway memfavoritkan Belgia bakal memenangi laga pamungkas di penyisihan Grup H melawan Korea Selatan di Arena Cotinthians, Jumat (27/6/2014) dini hari WIB.
Soccerway.com bahkan memprediksi skuat Rode Duivels atau Setan Merah, sebutan Belgia, akan mampu meraih kemenangan dengan selisih gua gol. Sementara itu situas Asian Bookie juga memfavoritkan tim Belgia dibandingkan Korea Selatan dengan memberikan voor 3/4.

Sementara itu, Korea Selatan (Korsel) harus berjuang mati-matian merampas tiga angka dari Belgia yang justru mengincar kesempurnaan di penyisihan Grup H Piala Dunia 2014 jika ingin lolos ke babak 16 besar.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Korsel terpuruk di dasar klasemen grup dengan hanya mendulang satu angka, namun masih mempunyai kans melaju ke fase knockout jika menang atas Belgia di laga pamungkas Grup H di Arena Cotinthians, Jumat (27/6) dini hari WIB.

Hal itu dengan syarat tim berjuluk Kstaria Taeguk itu meraih kemenangan besar atas lawannya dan dalam pertandingan lainnya, Rusia unggul dalam duel kontra Aljazair tetapi dengan selisih gol yang tidak lebih baik.
Namun impian itu sepertinya bakal sulit diwujudkan. Meski mengusung spirit Piala Dunia 2002 di mana mereka sukses menembus babak empat besar, skuat Kstaria Taeguk kali ini seperti tak bertaring dan lebih dari itu sangat keropos di lini pertahanan.

Ja-Cheol Koo dkk. menahan imbang 1-1 Rusia di laga perdana grup, namun dibantai Aljazair 2-4 di laga penyisihan berikutnya. Hasil itu diakui pelatih Korea Selatan, Hong Myung-Bo, menjadi bukti timnya masih harus banyak berbenah jelang laga pamungkas Grup H menantang Belgia.

“Sekarang kami harus membalik halaman buruk tim ini. Hasil [kekalahan 2-4] dari Aljazair adalah buah dari persiapan kami sejauh ini dan kami harus bersiap dengan lebih baik untuk pertandingan selanjutnya. Itulah pilihan kami,” ujar Hong dilansir foxsports.com.au, Rabu (25/6).

Belgia sendiri jelas tidak akan memberikan angka cuma-cuma kepada Korsel. Terlepas dari fakta skuat Rode Duivels, julukan Belgia, yang telah memastikan lolos ke babak 16 besar dan hanya membutuhkan hasil imbang untuk mengunci juara grup, tim kuda hitam Piala Dunia 2014 itu mengisyaratkan bakal tetap mengincar hasil maksimal di laga pamungkas.

Belgia besar kemungkinan tidak akan diperkuat Thomas Vermaelen yang mengalami cedera hamstring, namun bisa mengandalkan Eden Hazard sebagai ujung tombak. Duel kontra Korsel sekali lagi akan menjadi ajang percobaan penyerang Chelsea itu setelah gagal bersinar di dua laga sebelumnya.

“Saya belum bermain dengan baik sejauh ini di Piala Dunia 2014, namun aku berusaha membuat perbedaan dan itulah yang diharapkan pelatih,” kata Hazard. “Saya memahami orang-orang berharap banyak kepadaku dan saya tahu bisa melakukannya dengan lebih baik lagi,” lanjut gelandang berusia 23 tahun itu.

Belgia bertengger di puncak klasemen Grup H dengan nilai enam dan hampir pasti bakal melenggang ke putaran kedua sebagai pemuncak grup. Dengan asumsi Jerman bakal menjuarai Grup G, skuat Marc Wimots harus bersiap melawan Amerika Serikat, Ghana, dan Portugal yang bakal bersaing mendampingi Jerman ke perdelapan final.

Prediksi
ASIAN BOOKIE
Belgia    VS    Korea Selatan    0 : 3/4

SOCCERWAY
Korea Selatan    0 – 2    Belgia
Korea Selatan    1 – 3    Belgia
Korea Selatan    0 – 3    Belgia

Sumber: Asian Bookie/Soccerway. (try/JIBI)

KOREA SELATAN    VS    BELGIA
Arena Corinthians, Sao Paulo
Live ANTV
Jumat (27/6) pukul 03.00 WIB

PREDIKSI LINE UP
KOREA SELATAN (4-4-2)
Sung Ryong-Jung;
Yong Lee, Young-Gwon, Jeong-Ho, Yoon Suk-Young;
Sung-Yong, Kook-Young, Chung-Yong, Koo Ja-Cheol;
Park Chu-Young, Heung-Min
Pelatih: Myung-Bo Hong
Cadangan: Lle Keun-Ho, Hwang Seok-Ho, Kim Bo-Kyung, Chang-So, Tae-Hwi, Dae-Sung Ha, Jong-Woo, Shin-Wook, Dong-Won, Seung-Gyu, Joo-Ho, Beom-Young

BELGIA (4-2-3-1)
Courtois;
Borre, Kompany, Lombaerts, Vertonghen;
Dembele, Defour;
Mirallas, Chadli, Hazard;
Origi
Pelatih: Marc Wilmots
Cadangan: Alderweireld, Van Buyten, Mignolet, Bossut, Witsel, De Bruyne, Fellaini, Januzaj, Lukaku, Mertens, Ciman

HEAD TO HEAD
5/6/1999    Persahabatan    Korea Selatan    1 – 2     Belgia
25/6/1998     Piala Dunia    Belgia    1 – 1     Korea Selatan
12/6/1990     Piala Dunia    Belgia     2 – 0     Korea Selatan

INFO SKUAT
KOREA SELATAN
–    Korea Selatan siap tampil dengan kekuatan lengkap melawan Belgia.
–    Meski kalah 2-4 dari Aljazair di laga sebelumnya, Korea Selatan tetap berpeluang lolos, tergantung hasil yang didapatkan dalam laga melawan Belgia dan pertandingan lain antara Rusia dan Aljazair.
–    Korea Selatan diyakini akan tetap menurunkan daftar pemain yang sama dengan laga sebelumnya kontra Aljazair.

BELGIA
–    Thomas Vermaelen mengalami cedera hamstring dan posisinya bakal diberikan kepada Jan Vertonghen.
–    Marc Wilmots diprediksi akan melakukan rotasi kepada sejumlah pemain, termasuk di antaranya Marouane Fellaini adan Romelu Lukaku.
–    Kevin Mirallas, Nicolas Lombaerts, Steven Defour dan Divock Irigi berpeluang besar diturunkan sebagai starter.

Sumber: Whoscored, Soccerway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya