SOLOPOS.COM - Laman akun grup Info Cegatan Klaten ICK yang dinonaktifkan sejak 7 Juli 2021 lalu. (Facebook)

Solopos.com, KLATEN — Grup Facebook Info Cegatan Klaten (ICK) mendadak hilang dari jagat media sosial (medsos) sejak, Rabu (7/7/2021). Sebelum hilang, grup tersebut menjadi media untuk membantu mendirikan belasan rumah hingga mempertemukan sejumlah orang berstatus masih memiliki hubungan keluarga yang tak pernah bertemu dalam 20 tahun.

Ketua Harian ICK, Haryanto Putra Daya, mengatakan hilangnya ICK akibat dinonaktifkan dari Facebook secara tiba-tiba karena dinilai melanggar standar komunitas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hingga kini, ICK belum memperoleh keterangan secara detail alasan dinonaktifkannya ICK oleh FB. Kali terakhir pemberitahuan ICK pada Rabu (7/7/2021) pukul 12.20 WIB.

Baca juga: Grup Facebook Info Cegatan Klaten ICK Mendadak Hilang, Ketua: Sedih Rasanya…

“Kami tak menyadari postingan apa itu. Postingan terlalu banyak. Tiba-tiba hilang. Kalau sampai hilang, eman banget,” kata Haryanto Putra Daya, kepada Solopos.com, Minggu (11/7/2021).

Haryanto mengatakan ICK yang memilili 572.582 anggota telah berkiprah mempertemukan ribuan orang bahkan seratusan orang. Lebih dari 10 anggota keluarga yang tak pernah bertemu dalam waktu 20 tahun dapat saling bertemu karena ICK.

Di samping itu, ICK telah berperan aktif mendirikan 18 rumah bagi warga.

“Banyak kegiatan sosial kami,” katanya.

Baca juga: Dalam 10 Hari, 2 Grup FB Dengan Ratusan Ribu Member Di Soloraya Lenyap, Ada Apa Ya?

Sebagaimana diketahui, dalam anggaran dasar yang dimiliki, ICK berdiri 17 Juni 2014. ICK berkantor pusat di Krapyak, Merbung, Klaten Selatan.

ICK hanya berada di sosmed saja dengan akun Info Cegatan Klaten (ICK) berlogo gunungan wayang, dua ornamen batik, dan jalan di tengah gunung. ICK tak membuka jaringan komunikasi di Sosmed yang lain.

Grup ICK bersifat tertutup. ICK bergerak di bidang sosial kemasyarakatan dan bebas dari kepentingan politik.

“Sudah ribuan orang terbantu dari ICK malah dinonaktifkan,” katanya.

Baca juga: Antrean Pemakaman Jenazah Prosedur Covid-19 Meningkat, Klaten Bikin Posko Aju

Diberitakan, setelah Kumpulan Wong Sragen (KWS) menghilang pada akhir Juni lalu, kini giliran Grup Facebook Info Cegatan Klaten (ICK) bernasib sama.

Grup yang beranggotakan lebih dari setengah juta akun itu lenyap dari jagat media sosial sejak 7 Juli lalu. Ketua harian ICK, Haryanto Putra Daya, mengaku sedih dengan hal tersebut.

Ia mengatakan Grup ICK hilang lantaran dinonaktifkan Facebook. “Terakhir pemberitahuan tanggal 7 Juli 2021 jam 12.20 WIB. Sedih rasanya,” ungkap Haryanto Putra Daya seperti diberitakan detikcom, Minggu (11/7/2021) siang.

Baca Juga: Waduh, Grup Kumpulan Wong Sragen KWS Tiba-Tiba Hilang dari Facebook

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya