SOLOPOS.COM - Pesepak bola Malaysia U19 Adam Farhan Mohd Faizal (kanan) mencoba melewati hadangan pesepak bola Kamboja U19 Chhan Bun My (kiri) dan Uk Devin (tengah) dalam laga penyisihan grup Piala AFF U19 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (5/7/2022). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww)

Solopos.com, JAKARTA—Grup B telah meloloskan Laos dan Malaysia ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Padahal Grup B baru menyelesaikan matchday terakhir pada Senin (11/7).

Laos saat ini memimpin klasemen dengan 9 poin, sedangkan Malaysia berada di bawahnya dengan 7 poin.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Peroleh nilai mereka sudah tidak terkejar dari peringkat ketiga Kamboja dan Timor Leste yang masing-masing baru mengemas 3 poin  dengan menyisakan satu pertandingan.

Baca Juga: Sistem TC Timnas Indonesia U-19 Dikritik, Ini Masalahnya

Pada matchday terakhir, Kamboja menghadapi Timor Leste sedangkan Malaysia melawan Laos. Kedua pertandingan digelar pada waktu bersamaan pukul 15.00 WIB. Kamboja vs Timor Leste di Stadion Madya Senayan Jakarta sedangkan Malaysia versus Laos di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi.

Pelatih Laos Hans Michael Weiss mensyukuri keberhasilan timnya melaju ke semifinal Piala AFF U-19 usai mengalahkan Singapura 3-1 di Stadion Madya, Jakarta, Sabtu (9/7). Weiss menjelaskan keberhasilan ini patut dirayakan, terlebih Laos tidak sering melaju ke semifinal turnamen skala Asia Tenggara.

“Kami berada di posisi puncak grup sekarang, kami ingin mengamankan tempat itu semoga, kami akan melihat apa yang terjadi pada pertandingan selanjutnya menghadapi Malaysia,” ujar Weiss dikutip dari Antara.

Baca Juga: Sulitkan Thailand, 2 Pemain Timnas Indonesia U-19 Ini Tuai Pujian

“Yang terpenting adalah lolos, kami sangat senang Laos melakukannya, kami memenangi tiga pertandingan, itu tidak sering terjadi, jadi kamu harus merayakan itu ketika waktunya datang,” sambung pelatih asal Jerman itu.

Sementara itu, Malaysia lolos ke semifinal Piala AFF U-19 setelah mengalahkan Timor Leste 4-3, Sabtu (9/7). “Ini kemenangan yang kita targetkan, secara langsung kita melaju ke semifinal, kita masih menyisakan satu pertandingan menghadapi Laos, tapi kita sudah memastikan diri di semifinal” kata Pelatih MalaysiaHassan Sazali seusai pertandingan di Jakarta.

Hassan mengakui timnya sempat mendapat tekanan, terutama ketika gelandang sekaligus kapten Ahmad Aysar Hadi terpaksa keluar dari lapangan lebih cepat karena mendapatkan kartu kuning kedua setelah melanggar pemain Timor Leste.

Baca Juga: Klasemen Grup A Piala AFF U-19 sebelum Laga Pamungkas Indonesia

“Pada pertandingan hari ini, mereka Timor Leste ingin mencari kemenangan untuk menjaga peluang mereka ke semifinal, jadi memang agak tegang dan drastis pada pertandingan ini,” kata Hassan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya