SOLOPOS.COM - Aliran air terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu Karanganyar, Kamis (20/2/2020). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pembukaan Taman Wisata Alam (TWA) Grojogan Sewu diharapkan mampu menggerakkan kembali perekonomian masyarakat sekitar objek wisata. Grojogan Sewu dibuka untuk umum dengan harga tiket masuk Rp20.000 - Rp150.000.

Grojogan Sewu Diharapkan Gerakkan Ekonomi Masyarakat Tawangmangu

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, dan Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah (Jateng), Darmanto, membuka TWA Grojogan Sewu secara simbolis dengan memotong pita di pintu masuk loket dua dan memotong tumpeng. Potongan tumpeng dari Bupati diserahkan kepada Kepala BKSDA Jateng.

Harga Tiket Grojogan Sewu

TWA Grojogan Sewu resmi menerima kunjungan pada Sabtu (4/7/2020) pukul 08.00 WIB-16.00 WIB. Harga tiket masuk untuk wisatawan domestik Rp20.000 per orang sedangkan wisatawan mancanegara Rp150.000 per orang. Pengelola TWA Grojogan Sewu, PT Duta Indonesia Djaya, hanya membuka satu loket untuk sementara selama satu pekan ke depan. Satu loket yang dibuka adalah loket satu. Loket dua hanya digunakan sebagai pintu keluar.

Pada kesempatan itu, Kepala BKSDA Jateng, Darmanto, membacakan sambutan dari Direktur Jenderal (Dirjen) Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Dia menaruh harapan besar terkait pembukaan TWA Grojogan Sewu. Salah satunya berkaitan dengan perekonomian masyarakat sekitar objek wisata.

Grojogan Sewu Dibuka, Muda-Mudi Dilarang Bergandengan Tangan

"Pembukaan kembali Grojogan Sewu dilakukan secara bertahap untuk kunjungan wisata alam dalam kondisi transisi akhir Covid-19. Kami berterima kasih kepada Bupati karena memperlancar administrasi pembukaan Grojogan Sewu. Diharapkan akan membawa dampak yang sangat luar biasa bagi perputaran perekonomian masyarakat Tawangmangu dan Kabupaten Karanganyar," tutur dia saat memberikan sambutan di hadapan tamu undangan, Jumat (3/7/2020).

Jaga Protokol Covid-19

Darmanto mengingatkan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di era new normal. Jangan sampai, lanjut dia, pembukaan TWA Grojogan Sewu malah menjadikan Kecamatan Tawangmangu maupun Grojogan Sewu menjadi klaste baru Covid-19.

Solopos Hari Ini: Grojogan Sewu Dibuka Lagi

"Ada enam tahapan dalam membuka TWA Grojogan Sewu menuju new normal. Semua tahapan dari BKSDA Jateng, yakni persiapan lapangan, koordinasi para pihak, penguatan administrasi, simulasi dan verifikasi, pengusulan ke Mentri LHK, tahap persetujuan, dan uji coba. TWA siap menerima kunjungan wiata. Ini harus terus di evaluasi oleh tim dari BKSDA Jateng. Harus terus mengirimkan laporan harian kepada tim reaktivasi di pusat maupun kabupaten. Evaluasi bersama seluruh pihak dilakukan setiap pekan," jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya