[x] close
Grojogan Gulingan Grobogan, Pertapaan yang Berubah Jadi Objek Wisata
Solopos.com|jateng

Grojogan Gulingan Grobogan, Pertapaan yang Berubah Jadi Objek Wisata

Konon Air  Terjun Gulingan  pernah dipakai sebagai tempat pertapaan oleh beberapa tokoh yang berasal dari luar wilayah Grobogan.

Solopos.com, GROBOGAN -- Air Terjun Gulingan berlokasi di Dusun Sandi, Desa Sedayu. Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan. Dilansir dari situs Jatengprov.go.id, Jumat (7/5/2021), air terjun ini berasal dari tiga sumber mata air yang berbeda dengan ketinggian antara 300 meter-500 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Untuk mengakses tempat ini bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan mengambil  jalur dari pusat Kota Purwodadi kemudian menuju ke arah utara atau melalui jalan raya Purwodadi – Pati hingga belokan Tugu Sedayu.

Jika menggunakan kendaraan umum, bisa memilih bus jurusan Purwodadi – Pati, kemudian turun di Tugu Sedayu, kemudian dilanjutkan menggunakan jasa ojek untuk menuju ke Desa Sedayu. Kawasan air terjun ini memiliki keindahan alam yang masih alami serta udara yang sejuk dari pegunungan kendang utara.

Baca Juga : Mendekati Lebaran, Jumlah Penumpang di Bandara YIA Naik 58 Persen

Melansir dari laman Instagram @wisatagrobogan, untuk menuju air terjun, perlu melalui jalan setapak yang berjarak 800 meter dari area parkir. Oleh karena itu, pastikan pengunjung yang datang memiliki kondisi dan stamina fisik yang kuat.

Air Terjun Gulingan
Air Terjun Gulingan (Instagram/@jatipohon_jop_official)

Air terjun ini dikelola secara swasembada oleh warga Desa Sedayu sehingga untuk masuk ke area air terjun ini cukup membayar uang  Rp3.000 saja per orang. Jalan menuju air terjun ditandai dengan papan petunjuk di setiam jarak 500 meter.

Ketika sampai mendekati lokasi, warga sekitar sudah memasang bambu sebagai pembatas agar pengunjung tidak tergelincir ke ke jurang. Terkait nama air terjun, belum ada kepastian kenapa air terjun itu dinamai ‘Gulingan.’

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Jokowi, Prabowo, dan Anies 3 Besar Favorit Capres

Konon Air  Terjun Gulingan  pernah dipakai sebagai tempat pertapaan oleh beberapa tokoh yang berasal dari luar wilayah Grobogan. Kini  karena banyaknya pengunjung yang datang dari luar daerah, pemerintah desa setempat mengubahnya menjadi objek wisata.

Selain sebagai tempat wisata, beberapa pengunjung juga sering memanfaatkan objek wisata ini untuk kegiatan berkemah, pelatihan pencinta  alam, canyoning, pengambilan foto hingga tempat foto pranikah serta olahraga offroad.

Wisata Air Terjun Gulingan ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan apalagi saat liburan panjang seperti libur Lebaran dan libur nasional lainnya. Keindahan wisata Air Terjun Gulingan ini sangat baik untuk dinikmati dari dekat atau dari kejauhan.

Baca Juga : Bupati Karanganyar: Tidak Ada Open House, Jangan Halalbihalal Keliling Kampung!

Desir dan suara air yang jatuh membawa wisatawan kepada pengalaman alami nan tenang serta syahdu. Keindahan  Air Terjun Gullingan ini membuat setiap orang yang pulang dari tempat ini selalu dalam kondisi basah kuyup karena tergiur dengan siraman air terjun yang segar.

Kawasan wisata ini memiliki beberapa fasilitas vital, di antaranya musala, kamar mandi/MCK, penginapan dan masih banyak lainnya. Wisata Air Terjun Gulingan ini berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Purwodadi atau memakan waktu sekitar 45 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Jika masih binggung untuk menuju lokasi, petunjuk arah menuju lokasi wisata ini juga sudah tersedia di Google Map sehingga sangat memudahkan pengunjung dari luar kota yang ingin menikmati keindahan air terjun ini.


Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago