SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meninjau Posko Terpadu Siaga Banjir di Wisma Perdamaian (Wisper), Kota Semarang, Kamis (9/1/2020). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) mendirikan Posko Terpadu Siaga Banjir di Wisma Perdamaian (Wisper), Kota Semarang.

Posko itu didirikan guna memantau kondisi terkini seluruh wilayah Jawa Tengah (Jateng). Posko tersebut didirikan setelah dua wilayah Jateng, yakni Demak dan Grobogan diterjang banjir, Rabu (8/1/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Posko itu nantinya tak hanya bersifat informatif. Posko terpadu itu juga akan memberikan informasi terkait kondisi dan data terkini seluruh wilayah Jateng. Hal itu dilakukan guna menentukan langkah penanganan yang akan dilakukan Pemprov Jateng sebagai mitigasi bencana.

Ekspedisi Mudik 2024

“Pak Mendagri minta untuk ada posko khusus. Sebenarnya back up kalau harian sudah ada di BPBD [Badan Penanggulangan Bencana Daerah]. Karena mungkin cuaca dua bulan cukup ekstrem dan beberapa hari ke depan sangat ekstrem, kita diminta siaga,” ujar Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Kamis (9/1/2020).

Ganjar mengatakan dari data kondisi cuaca yang diperoleh, ada sejumlah daerah di Jateng yang diprediksi mengalami curah hujan ekstrem, bahkan mencapai 500 mm. "Kalau kita lihat ini ada yang berwarna hijau pekat. Ini menunjukkan ekstrem curah hujan diprediksi sampai 500 mm," paparnya.

Ganjar menyebutkan di posko terpadu nanti informasi yang diperoleh akan segera ditindaklanjuti, terutama dalam dikordinasikan dengan pemerintah kabupaten/kota supaya segera dilakukan antisipasi maupun penanganan. “Meski kita tidak bisa presisi, tapi kita dapat mengantisipasi secara optimal. Juga bisa segera memberikan warning ke kades, camat, dan bupati. Sebenarnya fungsi posko mengurangi risiko bencana, mendeteksi awal,” imbuhnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj.) Sekda Jateng, Herru Setiadhi, mengatakan posko terpadu merupakan wujud kehadiran pemerintah dalam sigap tanggap mengantisipasi bencana. “Posko ini betul-betul kinerja antar-SKPD. Bahkan bukan hanya Pemprov Jateng, tapi juga yang lain seperti Badan Pengelola Transportasi Darat dari kementerian,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya