SOLOPOS.COM - Kapal Rainbow Warrior III Greenpeace tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (6/6). (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Kapal Rainbow Warrior III Greenpeace tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (6/6). (JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jumat (7/6/2013), dijadwalkan mengunjungi kapal organisasi kampanye pelestarian lingkungan global Greenpeace, Rainbow Warior III, yang sedang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rainbow Warrior merupakan satu dari tiga kapal yang digunakan Greenpeace untuk menjalankan aksi untuk menentang perusakan lingkungan. Dua kapal lainnya, Arctic Sunrise dan Esperanza, beraksi di belahan Bumi utara hingga ke kutub.

Rainbow Warrior III merupakan reinkarnasi dari kapal yang dioperasikan Greenpeace dengan nama yang sama. Kapal pertama Rainbow Warrior ditenggelamkan dengan bom di pelabuhan Auckland, Selandia Baru, 10 Juli 1985, saat menentang percobaan nuklir Prancis di Pulau Muroroa, sekitar Polynesia.

Sebagai ganti, Greenpeace mengoperasikan Kapal Rainbow Warrior II pada 1989 yang diistirahatkan pada 2011. Rainbow Warior II telah mengunjungi Indonesia tiga kali, tahun 2004, 2005 dan 2007.

Kali ini, ganti Rainbow Warrior III berlabuh di Tanjung Priok. Kapal itu merapat Kamis (6/6) setelah melakukan pelayaran dari Papua. Kapal itu sedang melanglang jagat demi melakukan misi kampanye pelestarian kenekaragaman hayati, tak terkecuali Indonesia.

Kapal itu akan dibuka untuk umum, Sabtu-Minggu (8-9/6/2013), guna menggugah kepedulian masyarakat terhadap lingkungan warga Nusantara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya