Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Gradakan! Sensasi Lewat Jembatan Jurug Solo, Ngeri-Ngeri Sedaap

Harap berhati-hati jika Anda hendak mencoba sensasi gradakan yang ngeri-ngeri sedap saat melintasi Jembatan Jurug Solo yang lama.
SHARE
Gradakan! Sensasi Lewat Jembatan Jurug Solo, Ngeri-Ngeri Sedaap
SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor menghindari lubang pada papan lantai jembatan Jurug A, Jebres, Solo, Selasa (21/6/2022). (Solopos.com/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kondisi Jembatan Jurug lama yang menghubungkan Kota Solo dan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, kini makin memprihatinkan.

Sejarah mencatat, jembatan ini sudah ada sejak 1913, tepatnya pada masa Paku Buwono (PB) X. Lantaran usianya yang sudah tua dan kondisinya yang semakin lapuk, jembatan kecil itu kini hanya boleh dilintasi sepeda motor, sepeda kayuh, dan pejalan kaki.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Tetapi apakah Jembatan Jurug lama aman dilalui?

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Kamis (23/6/2022), kondisi aspal di jembatan tersebut sudah tidak lagi mulus. Ada beberapa bagian jalan yang berlubang karena aspalnya terkelupas.

Sensasi Gradakan

Upaya tambal sulam yang dilakukan untuk mengaspal jembatan tersebut nyatanya tidak bisa bertahan lama. Sensasi gradakan akan Anda rasakan saat melintasi jembatan lama itu.

Pengendara sepeda motor tidak bisa memacu kendaraan terlalu kencang jika ingin selamat. Tubuh dan kendaraan akan bergetar hebat jika Anda memaksa melaju kencang. Kondisi jalan berlubang membuat pengendara harus ekstra berhati-hati.

Baca juga: Misteri Jembatan Jurug Solo: Bunga Tabur, Onggo-Inggi & Gundul Pringis

Goyang

Saat cuaca sedang mendung dan angin bertiup kencang, sebaiknya jangan coba-coba untuk melintasi Jembatan jurug lama. Anda harus lebih berhati-hati karena terpaan angin itu menjadi tantangan tersendiri saat mengemudikan sepeda motor.

Jangan mencoba untuk mengebut, karena kondisi aspal yang tidak rata hingga lubang yang menampakkan kayu penyangga jembatan akan menjadi penghalang. Apalagi jika Anda melintas pada malam hari.

Baca juga: Kuno! Jembatan Jurug Solo Sudah Lelah, Butuh Perbaikan

Nantinya, jembatan lama itu akan ditutup bersamaan dengan proyek revitalisasi Jembatan Jurug B. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera membongkar dan mengganti Jembatan Jurug B Solo mulai pada 23 Juli 2022 mendatang. Hal itu tidak lepas dari mitigasi dari risiko keruntuhan akibat overloading.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode