SOLOPOS.COM - Sejumlah warga menjajal layanan Drive Thru pelayanan publik dari Grab OVO di Galabo Solo, Rabu (29/6/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Grab OVO mengajak sejumlah komunitas dan masyarakat Kota Solo untuk menjajal layanan pembayaran Drive Thru Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah di Galabo Solo, Rabu (29/6/2022). Layanan itu untuk pembayaran tiga jenis pajak itu baru ada di Solo.

Penjelasan tersebut disampaikan Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra kepada Solopos.com, Rabu siang. Dia menjelaskan Drive Thru Elektronifikasi Transaksi Pemda akan diluncurkan pada Kamis (30/6/2022) pagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami ada layanan Drive Thru Elektronifikasi Transaksi Pemda, sebutnya Grab OVO ETP untuk PBB, PKB [STNK] dan PDAM bayar air minum. Ini kami ajak teman-teman komunitas mencoba layanan kami terbaru sebelum diluncurkan,” tuturnya.

Karaniya mengatakan berbagai komunitas masyarakat diundang untuk bisa mendapatkan pengalaman secara langsung. Sistem itu, menurutnya, memiliki sejumlah kelebihan, seperti praktis, cepat, dan memudahkan dalam urusan pembayaran pajak.

“Hanya lima menit. Tidak perlu parkir kendaraan, tidak perlu antre. Kalau bayar di lokasi instansi langsung kan harus antre, lama menunggu. Bayar lewat OVO, bisa dari rumah, pilih layanannya, lalu minta cetak bukti atau cetak STNK,” katanya.

Baca Juga: Dukung Percepatan Digitalisasi Daerah, Grab & OVO Rilis Patriot di Solo

Ihwal pembayaran yang dilayani di Drve Thru Elektronifikasi Transaksi Pemda yaitu Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pajak kendaraan bermotor (PKB) dan biaya penggunaan air PDAM. Waktu yang dibutuhkan untuk pembayaran lima menit saja.

Pertama Di Indonesia

“Jadi kayak kalau beli makanan saja. Ini pertama layanan Drive Thru di Indonesia. Solo jadi yang pertama untuk tiga layanan dengan sistem ini. Di daerah lain belum ada drive thru untuk pembayaran tiga jenis pajak,” sambungnya.

Karaniya menjelaskan keberadaan Drive Thru dari Grab OVO tersebut untuk membantu masyarakat yang menginginkan kemudahan pembayaran pajak. Selain bisa melakukan pembayaran di rumah memakai OVO, mereka bisa membayar di situ.

Baca Juga: Grab Dorong Digitalisasi Pasar Tradisional, GrabMart Hadir di Solo

“Kadang orang masih banyak yang kepingin bukti struknya ada buat pegangan. Bayar dari rumah lalu ke sini untuk ambil struk atau cetak STNK. Bagi yang belum bayar dari rumah, kami sediakan top up booth OVO. Top up dulu lalu bayar,” urainya.

Yulianto, atlet atletik wheelchair racing paralympic Indonesia mengaku sangat terbantu dengan adanya Drive Thru ETP dari Grab OVO. Sebab selama ini dia disibukkan dengan aktivitas latihan sehingga tak punya waktu.

“Sekarang sangat mudah, kita tidak perlu antre datang ke kantornya untuk melakukan pembayaran. Di sini bisa bayar PDAM, PBB, dan pajak motor. Saya atlet merasa terbantu sekali karena selama ini sibuk latihan,” ungkapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya