SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. (Antara-I.C. Senjaya)

Solopos.com, SEMARANG — Partai Golongan Karya (Golkar) dan Nasional Demokrat (Nasdem) dikabarkan sepakat untuk bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Semarang 2020.

Golkar dan Nasdem akan berkoalisi dengan PDIP untuk mengusung calon petahana atau incumbent, Hendrar Prihadi.

Promosi Peringati Hari Raya Nyepi, BRI Peduli Bagikan 1.000 Paket Sembako di Bali

Kabar tersebut disampaikan Sekretaris PDIP Kota Semarang, Kadar Lusman, dalam keterangan resmi yang diterima Solopos.com, Selasa (28/1/2020).

Ekspedisi Mudik 2024

Pria yang karib disapa Pilus itu menyebut kesepakatan Nasdem dan Golkar untuk berkoalisi dengan PDIP pada Pilkada atau Pilwalkot Semarang itu terjadi setelah digelar pertemuan yang turut diikuti Hendi, sapaan Hendrar Prihadi.

“Hari ini kita bicara koalisi dulu. Kalau siapa yang diusung itu lihat nanti. Tapi, setidaknya bisa sepakat untuk menapaki langkah awal yang baik bersama-sama. Maka yang kami miliki hari ini adalah komitmen, baru setelah ini kedepan kita pertajam lagi untuk menggerakan mesin partai masing-masing,” kata Pilus.

Sementara itu, Ketua Partai Nasdem Kota Semarang, Suryanto, mengatakan jika hamper bisa dipastikan partinya akan mendukung Hendi dalam Pilkada atau Pilwalkot Semarang 2020.

“Sesuai arahan DPW Partai Nasdem Jateng, kami membuka komunikasi awal. Insyaallah, Partai Nasdem di Kota Semarang 99% arahnya ke incumbent. Hari ini kami mempersiapkan diri bukan hanya sebagai pendukung, tapi juga pengusung beliau [Hendi],” ujarnya.

Senada disampaikan Ketua Partai Golkar Kota Semarang, Petit Widiatmoko, yang menyatakan akan mengusung Hendi sebagai calon wali kota (cawali) Semarang pada Pilkada 2020.

“Di Kota Semarang ini prestasi Pak Hendi sangat luar biasa dan statement DPP Partai Golkar akan mendukung petahana. Sehingga, kami menindaklanjuti untuk berkoalisi dengan PDIP. Bergerak bersama tentunya untuk kesejahteraan masyarakat Kota Semarang,” kata Petit.

Dengan merapatnya Golkar dan Nasdem ke PDIP, Pilkada atau Pilwalkot Semarang 2020 pun berpeluang besar hanya diikuti calon tunggal, yakni Hendi sebagai cawali. Pria yang saat ini menjabat Wali Kota Semarang itu berpotensi menghadapi kotak kosong.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya