[x] close
top ear
Mbah Minto (kanan) bersama pendampingnya, Edi Susanto (kiri), di rumah Mbah Minto di Selorejo, Krakitan, Bayat, Klaten, Selasa (4/8/2020). (Solopos.com/Ponco Suseno)
  • SOLOPOS.COM
    Mbah Minto (kanan) bersama pendampingnya, Edi Susanto (kiri), di rumah Mbah Minto di Selorejo, Krakitan, Bayat, Klaten, Selasa (4/8/2020). (Solopos.com/Ponco Suseno)

Gokil Men! Mbah Minto Klaten Punya Ajudan Pribadi Setelah Terkenal

Wanita lansia kondang asal Klaten, Mbah Minto, kini memiliki ajudan pribadi yang mengatur segala urusannya.
Diterbitkan Selasa, 4/08/2020 - 16:35 WIB
oleh Solopos.com/Ponco Suseno
3 menit baca

Solopos.com, KLATEN — Sejak viral melalui video parodi gagal mudik akhir Maret lalu, wanita lansia asal Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Mbah Minto, 70, kini menjadi orang terkenal. Layaknya artis papan atas di Tanah Air, saat ini Mbah Minto Klaten memiliki seorang pendamping atau bisa juga dibilang ajudan pribadi.

Pendamping Mbah Minto itu adalah Edi Susanto. Hubungan Edi Susanto dengan Mbah Minto adalah tetangga dekat. Rumah Edi Susanto hanya berjarak beberapa meter dari Mbah Minto.

Tugas Edi memang mirip seorang ajudan, yakni mengatur jadwal Mbah Minto terkait jadwal pengambilan gambar untuk keperluan video, mengatur jadwal sejumlah orang yang ingin bertemu dengan Mbah Minto, merawat kesehatan Mbah Minto, hingga mengatur manajemen pendapatan Mbah Minto.

Kisah Edi Susanto menjadi pendamping Mbah Minto bermula saat akhir Juni lalu. Di waktu itu, Edi Susanto mengaku menjalin komunikasi dengan salah seorang anak Mbah Minto yang berdomisili di Jakarta.

Dari obrolan itu, disepakati anggota keluarga mempercayakan segala sesuatu kebutuhan Mbah Minto ke Edi Susanto. Hal itu termasuk memantau kesehatan Mbah Minto hingga memantau aktivitas yang akan dilakukan Mbah Minto sehari-harinya.

Mbok Sonem Nekat Tutup Jalan Kampung di Tanon Sragen Pakai Tembok, Ini Alasan Lengkapnya

Di saat masih kecil, Edi Susanto mengaku sering digendong dan diasuh Mbah Minto. Namun saat sekarang, giliran Edi Susanto yang mengurus segala keperluan Mbah Minto sebagai ajudan pribadi.

Ajudan Nyambi Youtuber

"Saya ini menjadi pendamping simbah. Saya bersedia mengurus simbah [Mbah Minto] karena sudah terlanjur memiliki hubungan yang baik. Selain mengurus simbah, saya juga membikin video sendiri. Konten video saya biasanya aktivitas sehari-hari Mbah Minto atau sisi lain Mbah Minto. Dalam waktu dekat ini, Mbah Minto akan didatangi tamu dari artis Irfan Hakim dan Soimah," kata Edi Susanto, saat ditemui wartawan di rumah Mbah Minto di Selorejo, Krakitan, Bayat, Selasa (4/8/2020).

Selaku orang yang dekat dengan Mbah Minto, lanjut Edi Susanto, dirinya mengetahui honor yang diperoleh Mbah Minto setiap diajak membikin video. Edi Susanto juga mengetahui berapa uang yang sudah dikumpulkan oleh Mbah Minto saat dikenal masyarakat luas melalui medsos.

"Saya mendampingi Mbah Minto ini juga ada itung-itungannya sendiri. Terus, saya yang mengurus pendapatan Mbah Minto saat diajak membikin video. Jumlah uang yang dikumpulkan Mbah Minto sudah lumayan [Mbah Minto sudah menjadi jutawan]. Lantaran jumlahnya yang banyak, uang itu disimpan oleh anaknya. Saya sendiri yang mengirim ke anak Mbah Minto yang ada di Jakarta," katanya.

Satpam Cabuli Bocah 5 Tahun, Alasannya Tak Puas dengan Servis Ranjang Istri

Mbah Minto mengatakan hidupnya saat ini sudah nyaman. Rumah Mbah Minto juga sudah direnovasi beberapa waktu lalu. Beberapa perabot di dalam rumahnya juga semakin komplet. Salah satunya, yakni terdapat televisi.

"Pas nonton televisi, kula nggih nonton iklan kula [iklan yang dibintangi Mbah Minto]," katanya sambil tertawa.

Sebagaimana diketahui, sebelum terkenal dan berduit, Mbah Minto hidup sendiri di rumahnya di Selorejo, Krakitan, Bayat. Beberapa anak Mbah Minto sudah merantau ke luar daerah.

Guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, Mbah Minto sempat bekerja sebagai tukang serabutan, seperti membersihkan pekarangan miliki tetangga atau pun memijat tetangga yang kecapekan. Tapi, saat ini Mbah Minto pun sudah memiliki seorang pendamping alias ajudan pribadi.


Editor : Profile Ginanjar Saputra
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com


berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini