SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kedokteran Nuklir dan Teranostik Molekuler. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Rumah Sakit (RS) Indriati Solo Baru memiliki rencana akan membuka pelayanan Kedokteran Nuklir dan Teranostik Molekuler. Ya, pelayanan tersebut masih asing di telinga kebanyakan orang dan masih jarang ditemukan di rumah sakit di wilayah Soloraya.

Lalu apa yang dimaksud dengan Kedokteran Nuklir? Menurut dr. Lim Andreas, Sp.KN-TM, Kedokteran Nuklir merupakan salah satu bidang kedokteran yang memiliki keunggulan Teranostik, yaitu dengan memanfaatkan perunut atau radiofarmaka dapat memberikan terapi sekaligus melakukan diagnosa berbagai penyakit keganasan maupun bukan keganasan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Terapi pada Kedokteran Nuklir ini juga populer dengan nama terapi nuklir, radiasi internal, ablasi, ataupun radio-tiroablasi (pada kanker tiroid). Dengan menggunakan sumber radiasi terbuka yang berasal dari radionuklida buatan, perubahan fisiologi dan biokimia pada tingkat sel dapat dideteksi. Hal ini berguna untuk tujuan terapi, diagnostik, menilai respon terapi, dan pemantauan penyakit kanker.

Baca Juga: Begini Kerja Teknologi Laser Pecah Batu Ginjal RS Indriati Solo Baru

Rencananya, RS Indriati Solo Baru akan dilengkapi dengan beberapa peralatan medis yang berhubungan dengan pelayanan Kedokteran Nuklir dan Teranostik Molekuler.

Peralatan itu diantaranya adalah kamera SPECT (Single Photon Emissions Computed Tomography) dan PET (Positron Emission Tomography) yang berguna untuk mencitra seluruh atau sebagian tubuh pasien dengan tujuan menilai ada tidaknya kelainan fungsi atau fisiologis pada jaringan dan organ tubuh pasien.

Kamera SPECT dan PET juga dapat mendeteksi lokasi penyebaran sel kanker, menentukan keberhasilan pengobatan kanker, dan mendeteksi ada tidaknya kekambuhan ataupun sisa sel kanker setelah dilakukan operasi pengangkatan tumor. Hampir semua kanker dapat dideteksi dengan menggunakan PET Scan, diantaranya adalah kanker tiroid dan kanker prostat.

Baca Juga: Deteksi Dini Kanker Paru-Paru Lebih Akurat dan Aman di RS Indriati Solo Baru

Dengan rencana itu, RS Indriati Solo Baru diharapkan dapat memberikan pelayanan yang komprehensif. Sesuai komitmennya, RS Indriati Solo Baru berupaya penuh untuk menjadi rumah sakit yang mampu menjadikan masyarakat yang lebih sehat.

Dengan adanya pelayanan Kedokteran Nuklir di Solo Baru, masyarakat di wilayah Soloraya juga tidak perlu repot untuk pergi ke luar daerah atau bahkan ke luar negeri untuk mendapatkan pelayanan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya