Gojek dan Tokopedia Bentuk GoTo, Ini Harapan Besar Pemerintah

Gojek dan Tokopedia mengumumkan pembentukan GoTo, grup teknologi terbesar di Indonesia yang menjadi ekosistem andalan masyarakat
Gojek dan Tokopedia Bentuk GoTo, Ini Harapan Besar Pemerintah
SOLOPOS.COM - GoTo, hasil bergabungnya Gojek dan Tokopedia. (YouTube Gojek Indonesia)

Solopos.com, JAKARTA-- Gojek dan Tokopedia mengumumkan pembentukan GoTo, grup teknologi terbesar di Indonesia yang menjadi ekosistem andalan masyarakat dengan menyediakan berbagai solusi untuk menjalani keseharian.

Pembentukan Grup GoTo ini merupakan kolaborasi usaha terbesar di Indonesia, sekaligus kolaborasi terbesar antara dua perusahaan internet dan layanan media di Asia hingga kini.

Ekosistem Grup GoTo mewakili 2 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan akan semakin berkembang melayani 270 juta konsumen Indonesia, serta pasar negara berkembang lainnya di Asia Tenggara.

Artinya, GoTo akan menggarap potensi besar pertumbuhan ekonomi Indonesia yang memiliki segmen kelas menengah yang terus bertumbuh pesat serta populasi muda yang sangat tanggap teknologi.

Baca Juga: Gojek dan Tokopedia Merger, Ini Lho Keuntungan Buat Konsumen

Menanggapi terbentuknya grup ini, Menko Maritim Luhut B. Pandjaitan menyampaikan ucapan selamat dan dia meyakini GoTo bisa mendorong negara kita menjadi pemain utama di panggung ekonomi digital dunia.

“Saya turut bangga karena kedua perusahaan anak bangsa ini akan semakin mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah Internasional dan menjadikan Indonesia destinasi investasi terbaik di kawasan Asia Tenggara,” kata dia seperti dilansir Bisnis.com, Selasa (18/5/2021).

Adapun Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa Gojek dan Tokopedia selalu menjadi top-of-mind dari masyarakat Indonesia. Dia berharap pencapaian yang penting ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi digital serta melahirkan inovasi yang berdampak positif bagi perkembangan transportasi dan logistik dalam negeri.

Baca Juga: Larangan Mudik, KAI Semarang Layani 4.152 Penumpang dengan KA Jarak Jauh

Konsisten

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo berharap agar GoTo terus secara konsisten melahirkan inovasi-inovasi untuk mendorong lebih lanjut kemajuan ekonomi keuangan digital Indonesia.

“Ini merupakan kabar yang membahagiakan, dan saya percaya dapat memberi manfaat besar bagi ekonomi nasional, khususnya bagi pelaku UMKM yang merupakan mitra dari Gojek dan Tokopedia,” ujarnya.

Adapun struktur grup GoTo, Andre Soelistyo dari Gojek akan memimpin GoTo sebagai CEO Group, dengan Patrick Cao dari Tokopedia sebagai Presiden GoTo. Sedangkan, Kevin Aluwi akan tetap menjabat sebagai CEO Gojek dan William Tanuwijaya akan tetap menjadi CEO Tokopedia.

Selain tanggung jawab di tingkat grup, Andre juga akan terus memimpin bisnis pembayaran dan layanan keuangan yang dinamakan GoTo Financial. GoTo Financial mencakup layanan GoPay serta layanan keuangan dan solusi bisnis mitra usaha.

Baca Juga: Buruh Ancam Boikot, Manajemen Indomaret Tetap Berpikir Positif

Andre Soelistyo, CEO GoTo, mengatakan, bahwa langkah ini merupakan lembaran sejarah baru serta menandai fase pertumbuhan selanjutnya bagi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Mitra driver Gojek, tuturnya, akan memiliki peluang pendapatan yang lebih besar antara lain dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia, sementara penjual dan mitra merchant dari berbagai skala bisnis akan mendapatkan berbagai manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan usahanya.

“Hadirnya Grup GoTo juga akan memungkinkan kami untuk semakin mendorong inklusi keuangan di Indonesia dan Asia Tenggara,” tuturnya. Sementara itu, bagi konsumen, Grup GoTo akan hadir semakin dekat untuk memberikan lebih banyak solusi dan kemudahan dalam keseharian mereka.

Co-founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, menilai berdirinya Grup GoTo membuktikan bahwa bangsa Indonesia dapat bermimpi dan mewujudkannya.

Baca Juga: Libur Lebaran, Tren Jumlah Penumpang KRL Jogja-Solo Turun

Selain mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, “Grup GoTo akan memberikan kemudahan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk memperoleh akses terhadap produk dan layanan berkualitas, kapan pun dan di mana pun. Perjalanan untuk mencapai tujuan kami masih panjang, tetapi hari ini adalah tentang dimulainya langkah bersama."

Sementara itu, Kevin Aluwi, CEO dan Co-founder Gojek, berkata bahwa kombinasi dari dua perusahaan yang memiliki prinsip, pemikiran dan etos kerja yang sama.

"Melahirkan kesepakatan dengan ukuran dan skala bisnis seperti Gojek dan Tokopedia dalam waktu yang relatif singkat dan lancar, hanya dapat tercapai karena kami sama-sama memiliki tujuan yang sama, yaitu selalu memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen didukung oleh jaringan mobilitas tercepat dan terbesar dari para mitra driver dan mitra usaha," ujarnya.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago