SOLOPOS.COM - Warga lansia di Karanganoyar dapat BLT minyak greng dari Dinsos. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 7.174 warga lanjut usia dan anak yatim piatu di Kabupaten Karanganyar menerima bantuan  langsung tunai (BLT) minyak goreng. Bantuan senilai masing-masing Rp300.000 itu disalurkan melalui Dinas Sosial (Dinsos) Karanganyar.

Perincian jumlah warga lamsia penerima BLT minyak goreng ada sebanyak 3.668 orang. Sementara anak yatim piatu ada 3.506 bocah.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial pada Dinsos Karanganyar, Sulistyowati, mengatakan bantuan tersebut disalurkan sejak 13 April lalu. “Bantuan untuk lansia dan anak yatim-piatu ini sudah disalurkan sejak 13 April melalui kecamatan yang diteruskan kepada satgaskin [satuan tugas kemiskinan] di masing-masing desa,” ujarnya, Selasa (19/4/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurutnya, penyaluran bantuan saat ini sudah tuntas di 17 kecamatan yang ada di Karanganyar. “[Kemarin] masih ada 4 kecamatan lagi tapi sekarang sudah selesai karena paling lambat hari ini [Selasa, 19/4/2022]. Meskipun bantuan tidak diberikan secara langsung oleh Dinsos, namun penyalurannya tetap diawasi agar tepat sasaran,” imbuhnya.

Baca Juga: PKH hingga BLT Minyak Goreng, Ini Sederet Bansos yang Cair April 2022

Sulistyowati menambahkan bahwa bantuan tersebut diberikan menjelang Lebaran agar bisa dimanfaatkan penerima untuk memenuhi kebutuhan hari raya. “Memang diberikan menjelang Lebaran supaya mereka bisa meringankan kebutuhan,” ujarnya.

Beberapa hari sebelumnya, BLT minyak goreng dari pemerintah mulai dicairkan untuk warga Kabupaten Karanganyar, Jumat (15/4/2022). Sementara itu, warga mengaku senang dan uang bantuan bisa digunakan untuk keperluan Lebaran.

Selain bantuan subsidi minyak goreng senilai Rp100.000 untuk tiga bulan yang diserahkan dalam sekali waktu (Rp300.000), penerima juga mendapat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bulan Mei senilai Rp200.000. Sehingga mereka mendapat uang bantuan tunai total Rp500.000.

Baca Juga: Keceplosan Tawarkan Es Teh Petugas Pos, Suminah Dapat BLT Migor

Bantuan tersebut diberikan kepada 54.614 keluarga penerima manfaat (KPM) se-Karanganyar. Bantuan diserahkan secara tunai melalui Kantor Pos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya