SOLOPOS.COM - Suasana panggung Solo Batik Music Festival hari kedua di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (2/10/2022) malam. (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah artis nasional seperti Fiersa Besari dan Rizky Febian bergiliran mengisi hari kedua Solo Batik Music Festival (SBMF) 2022 di Lapangan Pamedan Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (2/10/2022).

Meski rintik hujan dan udara dingin yang cukup menusuk tulang, para penonton tampak sangat menikmati aksi panggung mulai dari penampilan Tiya Rima, Teori, Handarbeni, Juicy Luicy, Fiersa Besari, Rizky Febian, HIVI!, dan Tiara Andini.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Penonton dibuat berjingkrak-jingkrak mengikuti irama lagi hingga bergalau ria saat lagunya melonkolis. Stan-stan kuliner juga menjadi atraksi tersendiri bagi para penonton.

Aneka jajanan yang menggugah selera semakin memanjakan pengunjung Solo Batik Music Festival. Selain itu ada stan-stan pedagang batik yang juga cukup ramai dikunjungi warga yang datang ke acara yang didukung penuh oleh Bank BJB tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Pentas musik digeber mulai pukul 13.00 WIB dengan penampilan Tiya Rima.  Disusul kemudian penampilan Juicy Luicy pada pukul 14.00 WIB. Sore itu mendadak berubah sendu saat Fiersa Besari naik ke panggung.

Baca Juga: Konser Solo Batik Music Festival, Kemeriahan Musik dalam Nuansa Batik

Tembang-tembang andalannya seperti Runtuh, Waktu yang Salah, hingga Celengan Rindu, mengajak penonton mendayu dengan suara melankolis khas Fiersa.

Apresiasi Pahlawan Batik

Memasuki malam hari, giliran Rizky Febian tampil langsung menggebrak hingga penonton berjingkrak seolah mengembalikan energi dari sang penyanyi. Rizky juga tampil sangat prima dengan lagu-lagu andalannya seperti Penantian Berharga hingga Berpisah Itu Mudah. 

Di sela-sela acara Solo Batik Music Festival itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, bersama KGPAA Mangkunagoro X naik ke panggung didampingi CEO Regional 5 Bank BJB, Arris Mirawan.

Mereka memberikan penghargaan kepada sosok yang dianggap pahlawan batik di Kota Solo. Sosok pahlawan itu yaitu Agus Sriyono, Sigit Mulyanto, dan Purwanto.

Baca Juga: Solo Batik Music Festival di Pura Mangkunegaran, Masuk Venue Wajib Pakai Batik

Ketiganya merupakan perajin batik canting yang masih bertahan hingga kini. Euforia semakin menjadi ketika Gibran membagikan dua pasang sepatu kepada penonton.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto mengaku sangat mengapresiasi para pelaku usaha batik yang saat ini sedang bangkit pascapandemi Covid-19.

“Bank BJB senantiasa mendukung para pelaku ekonomi kreatif untuk kembali bangkit dan tumbuh berkembang menjadi Tandamata Untuk Negeri,” kata Widi kepada Solopos.com.

Harga Tiket Sebanding

Penonton Solo Batik Music Festival semakin dibawa berjingkrak dengan penampilan anggun nan enerjik dari HIVI! dengan tembang andalan seperti Remaja, Siapkah Kau ‘Tuk Jatuh Cinta Lagi, hingga Mata ke Hati.

Baca Juga: Ada Raisa hingga Kangen Band di Solo Batik Music Festival, Ini Jadwalnya

Tiara Andini juga tidak kalah memukau dengan suara lembut yang mengajak penonton menikmati malam dengan lagu seperti Merasa Indah hingga Menjadi Dia.

Mila, salah satu penonton, mengatakan harga tiket yang diberikan sangat sebanding dengan apa yang dinikmatinya malam itu. “Harga tiketnya pas banget Rp200.000 bisa nonton banyak. Rizky Febian tadi pecah tampilnya. Suaranya bikin meleleh dan penampilannya prima di panggung,” ujarnya.

Selain Mila, ada Azizah yang juga menonton penampilan artis-artis nasional tersebut dari awal hingga akhir acara. Menurutnya semua bintang tamu sukses mengacak-acak emosi dari para penonton.

“Pas Fiersa Besari nyanyi rasanya pengin nangis dan sendu gitu, tapi pas HIVI! sama Rizky Febian, kayak ngajak lari tenaga mereka di panggung, sampai suara jadi serak,” ucap perempuan berusia 19 tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya