SOLOPOS.COM - Mobil balap Formula 1 (F1) milik tim Red Bull Racing Honda di pameran Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2022. (Antara/HO)

Solopos.com, JAKARTA — Pengunjung Gaikindo International Indonesia Auto Show atau GIIAS 2022 disuguhi pemandangan menarik yakni mobil balap Formula 1 (F1) berteknologi mesin balap turbo hybrid milik Tim Red Bull Racing Honda.

“Mobil Formula 1 yang kami tampilkan merupakan wujud dari kombinasi antara kecintaan Honda terhadap dunia balap dan visi Honda untuk mengembangkan mesin yang lebih ramah lingkungan,” ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy dalam rilis pers, Sabtu (20/8/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Antara, special display mobil balap Formula 1 Red Bull Racing Honda RB16B tersebut ditampilkan dalam skala 1:1 yang digunakan pada ajang balap F1 tahun 2021.

Red Bull Racing Honda menggunakan sasis mobil dengan kode RB16B serta menggunakan mesin turbo hybrid Honda berkode RA621H.

Mesin turbocharged dari Honda ini mempunyai kapasitas mesin 1.6 Liter, berinjeksi segaris, enam silinder (V6).

Baca juga: Bensin dari Air, Memanfaatkan Alat Bernama Nikuba

Dilengkapi juga dengan Honda kinetic and thermal energy recovery system sehingga dapat menghasilkan tenaga maksimum 900 hp serta putaran mesin maksimum 15.000 rpm.

Mesin balap tersebut dilengkapi dengan komponen kinetic and thermal energy recovery system (motor electric). Mesin balap tersebut digunakan di ajang balap Formula 1 sejak 2015 hingga saat ini.

Adapun special display mobil balap Formula 1 Red Bull Racing Honda RB16B yang ditampilkan kali ini menggunakan livery khusus bercorak warna putih dan merah.

Livery khusus ini disiapkan oleh Honda sebagai bentuk ungkapan rasa terima kasih sekaligus perpisahan kepada para penggemar balap khususnya ajang balap Formula 1.

Baca juga: Kenapa Mobil di Indonesia Setir Kanan? Ternyata Ada Ceritanya

“Kesuksesan tim Red Bull Racing Honda yang menjadi juara dunia dengan menggunakan mobil ini menjadi bukti bahwa mesin turbo hybrid yang ramah lingkungan juga dapat menghasilkan performa luar biasa yang selalu menjadi karakter mesin-mesin Honda,” kata Billy.

Selain display mobil balap Formula 1, pada Honda Racing Corner di booth Honda juga menampilkan sepeda motor balap di ajang balap MotoGP pada tahun 2022 yaitu Honda RC213V.

Honda juga menampilkan Honda RC213V-S yang merupakan sepeda motor produksi massal yang dikembangkan dari spesifikasi motor balap yang digunakan oleh Honda di ajang MotoGP.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya