SOLOPOS.COM - Acara talkshow peresmian GoTo UMKM Center dan Kampus UMKM Bersama OJK di Solo Technopark (STP), Jebres, Solo, Kamis (30/9/2021). (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berkomitmen membesarkan dan melindungi Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal. Ia meminta para marketplace mengutamakan produk lokal di etalase digital mereka.

“Sedikit untuk William [William Tanuwijaya], Tokopedia mohon produk-produk lokal diutamakan. Jangan sampai nanti ada yang jual batik asal China, begitu,” pesan Gibran dalam acara Gerakan Bangkit Bersama GoTo, Peresmian GoTo UMKM Center & Kampus UMKM Bersama OJK di Solo Technopark (STP), Kamis (30/9/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Selama ini Kementerian, Bupati, mengampanyekan go digital, semua UMKM ikut gabung. Tapi ternyata fee tinggi, yang seperti itu akan memberatkan UMKM. Tapi saya yakin kita semua yang di sini punya komitmen yang sangat baik sama-sama mendukung agar UMKM bisa naik kelas,” kata Gibran lagi.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Naik Kelas, 8 Produk UMKM Solo Bersanding dengan Produk Jepang

Pada kesempatan itu, Gibran juga mengapresiasi semua pihak yang memilih Solo dalam gerakan bangkit bersama GoTo hingga meresmikan GoTo UMKM Center dan Kampus UMKM Bersama OJK di STP. Selama ini, GoTo telah menjadi pilihan para pelaku UMKM untuk go-digital dengan lebih dari 4 juta UMKM baru yang bergabung di Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial selama pandemi.

Peninjauan stand UMKM saat peresmian GoTo UMKM Center dan Kampus UMKM Bersama OJK di Solo Technopark (STP), Jebres, Solo
Peninjauan stand UMKM saat peresmian GoTo UMKM Center dan Kampus UMKM Bersama OJK di Solo Technopark (STP), Jebres, Solo, Kamis (30/9/2021). (Solopos-Nicolous Irawan)

Sementara, gerakan dengan tagline #BangkitBersama tersebut didukung oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Pemerintah Daerah.

Peningkatan Ekonomi Lewat Sektor Usaha

GoTo UMKM Center – Solo Technopark diresmikan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah, Gibran, CEO Grup GoTo dan CEO GoTo Financial Andre Soelistyo, dan CEO dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya. Peresmian juga dihadiri oleh Komisaris Utama GoTo Garibaldi Thohir dan Komisaris GoTo Wishnutama Kusubandio.

Gibran menambahkan bentuk dukungan Pemkot Solo pada pengembangan UMKM lokal juga diwujudkan dengan peresmian program Solo Great Sale (SGS) 2021. Agenda tahunan yang didukung Kadin Kota Solo tersebut bertujuan peningkatan ekonomi lewat berbagai sektor usaha.

Baca juga: Bagasi Mobil Gibran Penuh Beras Bergambar Dirinya, Sinyal Apa?

Dalam kesempatan itu Gibran juga mengajak masyarakat Solo tak ragu mengizinkan anaknya mulai sekolah offline, dan beraktivitas belanja ke Pasar. Mengingat capaian vaksinasi Solo sudah mencapai 117% persen.

“Kami mulai memikirkan bagaimana cara pemulihan ekonomi dan upaya mendorong warga bisa melakukan kegiatan ekonomi. Untuk itu, dukungan GoTo yang mengajak warga bangkit bersama khususnya di Solo, sangat kami apresiasi sebagai keberanian kita melakukan upaya percepatan ekonomi,” kata dia.

“Kami berharap Kampus UMKM Center, Pusat Inkubasi Bisnis, hingga beragam inisiatif teknologi dan pemberdayaan dari GoTo dapat menjadi motor penggerak roda ekonomi Solo,” tambah Gibran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya