SOLOPOS.COM - Tonang Dwi Ardyanto (Istimewa/Dokumen pribadi)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, kembali terjangkit Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri bersama dengan sang istri, Selvi Ananda, keduanya dinyatakan positif bersama anak mereka Jan Ethes.

Bukan hanya Gibran yang terjangkit Covia-19 di lingkungan Balaikota Solo, ada nama Sekda Kota Solo, Ahyani, yang juga dinyatakan positif Covid-19 setelah tes.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Lalu bagaimana bisa Gibran yang sudah dua kali vaksin ditambah booster masih bisa terjangkit Covid-19.

Dokter ahli patologi klinik, Tonang Dwi Ardyanto, menjelaskan adanya kemungkinan terjangkit Covid-19, meskipun sudah mendapatkan vaksin.

“Penjelasannya ada di laman Facebook saya, intinya ada dua faktor, yang pertama kuantitas atau jumlah antibodi yang ada di dalam tubuh kita. Apabila jumlahnya banyak dan bisa mengimbangi virusnya, maka tidak akan terjangkit, namun jika sebaliknya, tentu yang terjadi virus bisa kembali menjangkit,” ujar dia kepada Solopos.com, Minggu (21/8/2022).

Faktor kedua adalah kematangan atau maturitas, menurut Dokter Rumah Sakit UNS ini, virus Covid-19 terus bermutasi, sehingga antibodi akan terus menghadapi bentuk-bentuk baru dari virus tersebut.

“Yang kedua adalah kematangan, sudah vaksin, antibodi sudah terbentuk akan mengikat virus berdasarkan reagen dari vaksin. Jika virusnya terus bermutasi maka kemampuan antibodi untuk mengikat akan menurun,” ujar Tonang, penerima penghargaan Achmad Bakrie Award 2022 ini .

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk kali ketiga atau hattrick terkonfirmasi positif Covid-19. Belum ada informasi apakah keluarga intinya, yakni sang istri Selvi Ananda dan dua anak mereka, yakni Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah, juga positif Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya