SOLOPOS.COM - Kondisi kamar Bung Karno yang ada di rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung. (Solopos/Mariyana Ricky PD)

Solopos.com, SOLO — Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung yang terletak di Jl Slamet Riyadi memiliki satu kamar yang konon kerap digunakan oleh Presiden pertama RI, Soekarno. Bangunan cagar budaya (BCB) bergaya arsitektur Indische Empire Style itu juga pernah menjadi markas Gatot Subroto dan Slamet Riyadi saat menyusun rencana mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Presiden Soekarno kerap datang dan menginap di Solo. Ia menggelar jamuan makan malam kemudian beristirahat di salah satu ruang yang kelak disebut sebagai Ruang Soekarno.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengungkapkan tak sedikit tamu yang datang berminat menilik kondisi ruangan itu. Dengan senang hati, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu pun mengantar mereka. “Ya, kalau ada tamu yang mau lihat, saya antarkan,” katanya kepada wartawan, Selasa (22/2/2022) siang.

Baca Juga: Disebut Angker, Gibran Cerita Pengalaman Tinggal Di Loji Gandrung Solo

Ekspedisi Mudik 2024

Namun begitu, Gibran mengaku belum pernah sekali pun menginap atau tidur di Ruang Bung Karno di Loji Gandrung Solo. Hal yang sama dilakukan sang ayah Joko Widodo (Jokowi) yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo pada Juli 2005-Oktober 2012.

Gibran memilih tak mblabak atau tinggal di rumah dinas sejak dilantik sebagai Wali Kota Solo pada 26 Februari 2021 lalu. “Ya, memang sejak awal kan memutuskan untuk tidak tinggal di Loji Gandrung, tapi di rumah saya sendiri,” jelasnya.

Ruang Publik

Ia mengaku pernah menginap di kamar tidur yang letaknya tepat bersebelahan dengan Ruang Bung Karno. Hal itu dilakoninya saat terkonfirmasi positif Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri selama dua pekan.

Baca Juga: Loji Gandrung Berhantu? Ini Pengakuan Rudy Wali Kota Solo

“Enggak ada perasaan apa pun, namanya juga isolasi mandiri. Saya enggak tahu [rasanya di sana]. Pokoknya kalau ada tamu yang mau lihat [Ruang Bung Karno] ya saya antarkan. Saya belum pernah menginap di sana, saat ini atau saat bapak [Jokowi] menjabat dulu,” kata Gibran.

Ia menyebut Rumah Dinas Loji Gandrung telah dijadikan ruang publik. Masyarakat yang berminat memanfaatkan untuk kegiatan warga bisa mengirim permohonan ke Bagian Umum Setda Solo.

Baca Juga: Sejarah Loji Gandrung, yang Kini Jadi Rumah Dinas Wali Kota Solo

“Silakan kalau mau bikin kegiatan warga, kami fasilitasi di pendapi belakang. Sudah sering dimanfaatkan, bahkan saya sering menyediakan makan,” ucapnya.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, di dalam Kamar Bung Karno di Loji ada satu tempat tidur bersprei linen putih. Terdapat satu set meja rias dan kamar mandi. Ada pula sebuah lemari dan satu wastafel, serta beberapa meja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya