SOLOPOS.COM - Bhre Cakrahutomo Mangkunagoro X (kiri) bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menemui wartawan seusai bertemu di Pura Mangkunegaran Solo, Senin (21/3/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kerap terlihat memakai baju warna hijau tua dengan gambar naga berwarna kuning emas di bagian depan yang diketahui merupakan busana batik karya GPH Paundrakarna.

Pada baju batik itu tepatnya di bagian dada sebelah terdapat gambar menyerupai oktagon atau segi delapan dengan huruf P di tengahnya. Gambar dan huruf tersebut juga menggunakan warna kuning emas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Setelah Bhre Mangkunagoro X, Wali Kota Solo Gibran Segera Temui Paundra

Gibran memakai baju batik hijau tersebut saat menemui KGPAA Mangkunagoro X Bhre Cakrahutomo yang tak lain adik dari GPH Paundrakarna di Pura Mangkunegaran Solo, Senin (21/3/2022) lalu. Kemeja lengan panjang hijau tua itu dipadukan dengan celana panjang warna hitam.

turnamen Piala Gibran 2022 SIWO-PWI
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menunjukkan piala turnamen sepakbola Piala Gibran 2022 SIWO-PWI yang akan digelar mulai Minggu (13/2/2022). (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman)

Itu bukan kali pertama Gibran memakai kemeja batik karya Paundrakarna tersebut. Berdasarkan catatan Solopos.com, sebelumnya baju hijau yang sama dipakai Gibran saat menunjukkan piala turnamen sepak bola bertajuk Piala Gibran 2022 SIWO-PWI yang digelar pada pertengahan Februari.

Baca Juga:Paundra Akhirnya Bertemu Bhre, Ini Kata Orang Dekat Mangkunagoro X

Bertemu Bhre

Sekitar waktu yang sama, Gibran juga terlihat memakai baju hijau tersebut saat bertemu wartawan di Balai Kota Solo. Sementara itu, Paundrakarna sendiri pernah memakai baju batik yang sama saat menghadiri acara peringatan 100 hari wafatnya KGPAA Mangkunagoro IX, yang merupakan ayahanda Paundra, pada November 2021 lalu.

penerus MN IX mangkunegaran solo paundra suksesi mangkunegaran solo
Putra pertama almarhum Mangkunagoro IX, GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara (kiri), berpelukan dengan adiknya, GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo (kedua dari kiri), saat acara malam peringatan 100 hari mangkatnya KGPAA Mangkunegara IX di Pringgitan Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat (19/11/2021) malam. (Solopos/Nicolous Irawan)

Diwawancarai wartawan seusai pertemuan tertutup dengan Mangkunagoro X di Pura Mangkunegaran, Senin (21/3/2022), Gibran mengatakan tidak maksud khusus ia memakai baju batik rancangan Paundrakarna. “Enggak [tidak ada pesan khusus]. Saya memang suka desain Mas Paundra,” ujarnya.

Baca Juga: Riwayat Gelar Paundrakarna Sampai Jadi Pangeran Sepuh di Mangkunegaran

Berdasarkan informasi di akun Instagram Paundrakarna, @gph_paundrakarnajs, putra sulung KGPAA Mangkunagoro IX itu memang menghasilkan banyak karya motif batik. Ia terutama berkolaborasi dengan Batik Keris.

Beberapa di antaranya yang merupakan Premium Collection Batik Keris by GPH Paundrakarna JS tersedia dalam tiga motif. Ketiganya, yakni motif Garuda Yeksa Kencono, Pending Kencono, dan Parang Keris Seling Pagar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya