Gibran Sebut Capaian Vaksinasi Covid-19 di Solo di Atas 60%, Siap Sinergi dengan Daerah Lain

Gibran menjelasnya biasanya vaksinasi massal yang diadakan Pemkot Solo menggandeng pihak ketiga sehingga prosesnya sangat cepat.
Gibran Sebut Capaian Vaksinasi Covid-19 di Solo di Atas 60%, Siap Sinergi dengan Daerah Lain

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut capaian vaksinasi Covid-19 untuk warga Kota Bengawan telah menyentuh angka di atas 60 persen. Gibran yakin Solo dapat mewujudkan herd immunity pada Agustus mendatang.

“Kita memang paling cepat, setiap hari kita melakukan vaksinasi secara masif. Besok juga ada [vaksinasi] di beberapa tempat. Solo juga mendapat serbuan vaksinasi dari TNI/Polri. Jadi memang kita si sini kita ngebut,” jelasnya dalam acara Go Live Gotong Royong IKA UNS Peduli Pandemi Covid-19, Jumat (23/7/2021) malam, yang disiarkan via Youtube dan dipantau Solopos.com, Sabtu (24/7/2021).

Gibran menjelasnya biasanya vaksinasi massal yang diadakan Pemkot Solo menggandeng pihak ketiga seperti Gojek, Grab, Halodoc dan lainnya sehingga prosesnya sangat cepat.

Baca juga: Kisah Mahasiswa Luar Daerah Jalani Isoman di Solo, Saling Menopang Untuk Bertahan

“Tidak ada kerumunan, tidak ada yang rebutan, tiada ada yang go show. Semuanya online dan semuanya tertib. Dan sekali lagi vaksinasi di Kota Solo sudah di atas angka 60 persen. Saya yakin nanti Agustus kita sudah mencapai herd imumunity sesuai instruksi dari Pak Panglima dan Pak Kapolri,” urai Gibran.

Lebih lanjut, Gibran yang merespons pertanyaan dari Pemimpin Redaksi Solopos Rini Yustiningsih dalam acara virtual itu menguraikan komando mewujudkan sinergitas vaksinasi di Soloraya ada di tangan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Satu Sinergi Soloraya

Sebelumnya, Rini menyinggung tentang kemungkinan ada satu sinergi dalam hal vaksinasi Covid-19 di Soloraya, mengingat capaian vaksinasi daerah di luar Solo belum setinggi Kota Bengawan.

“Jujur saja yang bisa menjadi komando [sinergitas vaksinasi] adalah Pak Ganjar selaku gubernur. Saya juga tahu di sekitar Solo, kiri kanan kita memang vaksinasinya tidak semasif di Solo. Dan betul sekali kalau di Solo sudah tercapai herd immunity nya tapi kiri kanan belum ini juga sangat berbahaya untuk kita karena warga Sukoharjo Sragen, Klaten ini semuanya beraktivitas di Solo,” beber Gibran.

Baca juga: Parpol dan TNI/Polri Ramai-Ramai Bantu Warga Solo Terdampak PPKM Darurat

Namun Gibran menandaskan pihaknya siap bersinergi dengan kepala daerah lain untuk mempercepat vaksinasi Covid-19.

“Dari Solo sendiri siap bersinergi, berkoordinasi secara intensif dengan kepala daerah lain. Dan mohon maaf banyak juga yang menanyakan, banyak juga yang kecewa kenapa banyak tempat vaksinasi massal di Solo hanya bisa memvaksin [orang dengan] KTP Solo. Harus kita katakan bahwa prioritas saya sekarang adalah orang-orang ber-KTP Solo,” beber Gibran.

Dia menambahkan untuk warga ber-KTP luar Solo misalnya Wonogiri, Karanganyar, Klaten dan lainnya dari Kemenkes sudah menyediakan tempat vaksinasi di Poltekkes dan Rumah Sakit Soeharso.

Baca juga: PPKM Pukul Bisnis Hotel Soloraya, dari Okupansi Anjlok hingga Hotelier Unpaid Leave

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago