SOLOPOS.COM - Puan Maharani usai dilantik sebagai Ketua DPR. (Antara-M. Risyal Hidayat)

Solopos.com, JAKARTA -- Publik menanti rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP tentang siapa yang akan diusung dalam Pilkada Solo 2020. Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyebut putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, masih memiliki kesempatan menjadi calon Wali Kota Solo dari PDIP.

Kesempatan Gibran, disebut Puan, sama dengan calon-calon lain sesuai mekanisme yang berlaku. Meski peluang itu telah ditutup oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo, Gibran masih punya bisa mendaftar lewat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) atau DPP PDIP.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Ya iya dong [Gibran masih punya kesempatan]. Semuanya dari mana saja dari siapa saja mekanismenya seperti itu. Pertama, mendaftar dulu, kemudian masuk fit and proper dan lain-lain, kemudian baru diputuskan," kata Puan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (28/10/2019), dilansir Detik.com.

Mekanisme yang dimaksud Puan adalah mereka yang ingin maju mencalonkan diri dalam pilkada harus mengikuti mekanisme berjenjang di lingkup internal PDIP. Setelah di DPC, menurut Puan, PDIP masih memperbolehkan bakal calon yang ingin maju pilkada mendaftar melalui DPD dan DPP partai.

"Jadi jenjang itu sebenarnya masih bisa dilakukan. Dan mekanisme itu bisa saja dilakukan. Jadi memang selama belum ada keputusan, kita membuka lebar pintu pendaftaran bagi siapa aja yang berminat untuk maju pilkada atau menjadi calon yang akan ikut pilkada melalui jenjang kepartaian tersebut," ujar Puan.

Tak Hanya Gibran, 2 Anak Petinggi Istana Maju Pilkada 2020

Saat ditanya soal adanya kemungkinan perpecahan di DPC PDIP Solo jika Gibran yang dipilih oleh DPP, sementara DPC sudah memiliki calon sendiri, Puan tak ingin berspekulasi. Menurutnya, masih banyak waktu menuju pergelaran Pilkada 2020.

"Ini kan pilkadanya juga masih tahun 2020, masih lama. Masih lama, masih lama, masih 2020," ucapnya.

Niat Gibran untuk mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo lewat PDIP kian serius, terlihat saat dia menemui Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Kamis (24/10/2019) lalu. DPC PDIP tetap menutup pendaftaran dengan alasan telah ada pasangan calon yang diusulkan untuk dimintakan rekomendasi ke DPP.

Calon yang diusulkan DPC PDIP Solo itu adalah Achmad Purnomo-Teguh Prakosa. Purnomo saat ini menjabat Wakil Wali Kota Solo, sedangkan Teguh saat ini menjabat Sekretaris DPC PDIP Kota Solo.

Gibran dan Bobby Nyalon Pilkada, Pakar Bandingkan Era Jokowi dan Soeharto

Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menegaskan tidak akan mengubah keputusan DPC untuk memperjuangkan pasangan Purnomo-Teguh sebagai pasangan yang direkomendasikan. Bahkan dia mengatakan akan mengambil sikap tegas jika nantinya DPP PDIP menjatuhkan rekomendasi kepada Gibran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya