top ear
Gibran Rakabuming Raka (kanan) memberikan bantuan 1.200 APD kepada Pemkot Solo di Balai Kota Solo, Kamis (9/4/2020) siang. (Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)
  • SOLOPOS.COM
    Gibran Rakabuming Raka (kanan) memberikan bantuan 1.200 APD kepada Pemkot Solo di Balai Kota Solo, Kamis (9/4/2020) siang. (Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)

Gibran Rakabuming Beri Bantuan 1.200 APD ke Pemkot Solo

Gibran Rakabuming Raka memberikan bantuan 1.200 APD atau alat pelindung diri kepada Pemkot Solo.
Diterbitkan Kamis, 9/04/2020 - 15:11 WIB
oleh Solopos.com/Kurniawan
2 menit baca

Solopos.com SOLO — Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, memberikan bantuan 1.200 potong alat pelindung diri (APD) kepada Pemkot Solo. APD itu untuk digunakan tenaga medis dalam penanganan virus corona (Covid-19).

Bantuan diserahkan Gibran kepada Ketua Gugus Tugas Covid-19 Solo, Ahyani, di Balai Kota Solo, Kamis (9/4/2020) pukul 13.30 WIB. Bukan hanya APD, pengusaha Martabak Kota Barat (Markobar) itu juga menyerahkan bantuan 12.500 saset vitamin temulawak.

"Terima kasih sekali sudah menerima kami. Hari ini ada 1.200 APD dan 12.500 saset vitamin temulawak. Semoga bisa bermanfaat, bisa dijadikan alat perang para tenaga medis yang menjadi garda depan penanganan wabah ini," ujar Gibran.

Apresiasi

Gibran Rakabuming yang memberikan bantuan APD itu juga mengapresiasi sikap dan langkah Pemkot Solo yang dinilai cukup sigap dalam penanganan pandemi Covid-19.

Dia mengajak seluruh elemen Kota Solo untuk bahu membahu memerangi virus corona agar pandemi segera berakhir.

Menurutnya, sejak kejadian luar biasa (KLB) virus corona ditetapkan di Solo, ia dan para pendukungnya menghentikan semua aktivitas politik. Kegiatan lalu dialihkan untuk kegiatan misi kemanusiaan penanggulangan Covid-19.

"Tiga pekan terakhir tidak ada sama sekali kegiatan politik. Yang dulu relawan saya sekarang menjadi relawan kemanusiaan. Tidak ada lagi yang namanya politik pilkada dan rekomendasi. Semua bahu membahu penanganan wabah ini," kata dia.

Sementara itu, Ahyani yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Solo mengatakan bantuan APD dan vitamin dari Gibran Rakabuming sangat mendukung upaya Pemkot dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Selain APD, menurutnya, yang sangat dibutuhkan adalah masker.

Diharapkan seluruh masyarakat yang beraktivitas di luar rumah agar mengenakan masker demi kesehatan mereka. "Terima kasih sekali untuk Mas Gibran. Semoga wabah virus corona di Solo bisa segera kita atasi bersama-sama," harap dia.

Ahyani mengajak masyarakat Solo untuk tetap berdiam diri di rumah dan menerapkan pola hidup bersih-sehat (HBS). Selain itu masyarakat harus rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir agar tak terpapar virus corona.

Sebelumnya, Gibran juga menyalurkan 1.050 APD ke 11 rumah sakit (RS) dan Badan SAR Nasional (Basarnas), membagikan 6.969 paket sembako ke warga, penyemprotan disinfektan di 39 lokasi, dan pembagian 13.000 liter cairan disinfektan.

Ada juga pembagian 9.000 sabun dan 1.500 paket godie bag berisi masker, hand sanitizer, serta vitamin. Kegiatan serupa akan dilanjutkan Gibran dengan dibantu para sukarelawan pendukungnya hingga pandemi Covid-19 berakhir di Solo.

Editor : Profile Ginanjar Saputra
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

Properti Solo & Jogja


berita terkait