SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama Selvi Ananda dan Jan Ethes setelah upacara upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Stadion Sriwedari Kota Solo, Rabu (17/8/2022) (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk kali ketiga atau hattrick terkonfirmasi positif Covid-19. Belum ada informasi apakah keluarga intinya, yakni sang istri Selvi Ananda dan dua anak mereka, yakni Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah, juga positif Covid-19.

Namun, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa mengatakan mereka ikut menjalani isolasi mandiri. Berdasarkan pantauan Solopos.com, sudah tiga hari Gibran tak terlihat di Balai Kota Solo. Kali terakhir Gibran terlihat saat upacara bendera memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Stadion Sriwedari Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada Kamis (19/8/2022), hanya Wakil Wali Kota Teguh Prakosa yang menghadiri rapat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID Provinsi Jateng secara virtual di Balai Tawangarum Kompleks Balai Kota Solo pukul 08.00 WIB.

Selanjutnya rapat koordinasi nasional pengendalian inflasi bersama Presiden secara virtual di Balai Tawangarum Kompleks Balai Kota Solo pukul 09.00 WIB dan rapat checking akhir Pawai Pembangunan 2022 di tempat sama pukul 11.00 WIB juga tak dihadiri Gibran yang positif Covid-19.

Wali Kota Solo juga tidak ada agenda pada Jumat ini. Yang ada hanya agenda Wakil Wali Kota Solo yakni Grand Opening T-Hub Solo di Kecamatan Serengan, Solo, pukul 09.00 WIB dan Pawai Pembangunan HUT ke-77 RI pukul 14.00 WIB.

Baca Juga: Wali Kota dan Sekda Solo Terkonfirmasi Positif Covid-19 

Teguh Prakosa menjelaskan Gibran terkonfirmasi positif corona sejak Rabu (17/8/2022) dan langsung melakukan isolasi mandiri bersama keluarganya. “Sekarang istirahat di rumah karena satu keluarga,” kata dia.

Ditanya apakah Selvi Ananda, Jan Ethes, dan La Lembah Manah juga terkonfirmasi positif Covid-19, Teguh hanya menjelaskan satu keluarga menjalani isolasi mandiri. “Kondisinya sehat karena OTG [orang tanpa gejala],” jelasnya.

Teguh menjelaskan Gibran terkonfirmasi positif Covid-19 pada Rabu sore. Wali Kota Solo itu sempat mengikuti Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka peringatan HUT ke-77 RI Rabu pagi. Kemudian Gibran melakukan tes swab.

Baca Juga: Masih Isolasi, Gibran Diwakili Wawali Solo Hadiri Jumenengan MN X

Penelusuran Kontak

“Untuk penurunan bendera yang bertugas saya. Sebelum itu sudah dibagi tugas yang upacara pengibaran bendera Wali Kota dan cadangannya Pak Kapolres. Penurunan bendera saya dan cadangannya Pak Dandim,” paparnya.

Menurut Teguh, pembagian tugas pada upacara bukan karena Wali Kota Solo terkonfirmasi positif Covid-19 namun sudah diatur dengan jadwal jauh hari sebelum 17 Agustus 2022.

Dia menjelaskan Pemkot Solo sudah melakukan penelusuran kontak setelah Gibran dinyatakan positif Covid-19, antara lain kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pejabat Pemkot Solo.

Baca Juga: Wali Kota Solo Gibran Tetap Bekerja Meski Positif Corona, Koordinasi Via Zoom

Menurutnya,  Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo Ahyani dan seorang anggota staf kantor Wali Kota Solo terkonfirmasi positif Covid-19. Keduanya melakukan isolasi mandiri. “Pak Sekda isoman ini,” jelasnya.

Berdasarkan catatan Solopos.com, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sudah kali ketiga ini terkonfirmasi positif Covid-19, Pertama pada 12 Juli 2021 berdasarkan tes PCR di RSUD Bung Karno.

Gibran kembali terkonfirmasi positif Covid-19 pada Maret 2022 setelah melakoni tes PCR pada Jumat (4/3/2022). Saat itu Gibran ada gejala batuk dan membuatnya tidak bisa mendampingi kunjungan Presiden Jokowi yang berkunjung ke Kota Solo. Akibat Covid-19 itu pula Gibran absen pada acara jumenengan KGPAA Mangkunagoro X di Pura Mangkunegaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya