Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Gibran: Percuma Promosi Pariwisata Tak Ada Direct Flight Luar Negeri

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, ingin ada penerbangan langsung atau direct flight dari luar negeri ke Solo seperti dulu.
SHARE
Gibran: Percuma Promosi Pariwisata Tak Ada Direct Flight Luar Negeri
SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (tengah), memberikan keterangan kepada awak media seusai penandatanganan nota kesepahaman dengan Presiden APSF Osoth Bhavilai di Solo, Jumat (1/7/2022). (Istimewa/NPC Indonesia)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, meminta agar ada penerbangan langsung dari luar negeri ke Solo. Permintaan ini bukan hanya untuk mendukung event internasional, namun mendukung pariwisata.

“Bukan hanya ASEAN Para Games namun pariwisata ke depan. Kami gembar-gembor promosi kalau tak ada direct flight sama saja,” kata Gibran seusai Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia yang dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, di The Purwohamijayan, Solo, Sabtu (2/7/2022).

PromosiJos! Petani & Peternak Klaten Bisa Jadi Penopang Kedaulatan Pangan

Ia mengenang pengalamannya saat masih usia SD dan SMP di mana ada penerbangan langsung dari Solo ke Singapura di Bandara Internasional Adi Sumarmo. Sayangnya, penerbangan internasional itu tak lagi ada.

“Makanya kami meminta Pak Menteri Pariwisata, BUMN, Garuda Indonesia untuk menolong. Kalau tak bisa direct flight ya terpaksa kami dari Jakarta sudah kami persiapkan panggone. Ya moga-moga bisa. Saiki pesawat Jakarta-Singapura Rp15 juta loh bayangno,” paparnya.

Baca Juga: Kota Solo 2 Kali Gagal Dapat Pengakuan UNESCO, Gibran: Proposale Elek

Gibran mengatakan upaya mewujudkan penerbangan langsung tergantung sejumlah kementerian. Pemkot Solo sudah mengajukan data-data serta analisis penumpang maskapai penerbangan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menjelaskan penerbangan langsung dari luar negeri ke Bandara Internasional Adi Soemarmo menjadi isu utama dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

“Saya, atas permintaan Mas Wali, sudah berhubungan dengan maskapai untuk mengajukan izin dan dibantu Mas Wali untuk rekomendasinya. Kami langsung berhubungan dengan Menteri Perhubungan untuk menambah penerbangan langsung luar negeri ke Solo,” kata Sandiaga dalam momen yang sama.

Baca Juga: Solo Gagal Masuk Jaringan Kota Kreatif UNESCO, Sandiaga Turun Tangan

Tiga sampai empat bulan ke depan, menurutnya, penerbangan internasional dari Solo bisa tercapai jika perizinannya sesuai. Kemenparekraf bakal menargetkan lebih cepat untuk mendukung event internasional, antara lain ASEAN Para Games 2022 dan Forum Trade Investment and Industry Working Group (TIIWG) Group of Twenty atau G20.

“Kami mempercepat, Indonesia ditunjuk jadi tuan rumah ASEAN Para Games dan Wali Kota Solo ketuanya. Saya diminta untuk kesiapan ASEAN Para Games ini membutuhkan penerbangan langsung. Ya segera mungkin,” ungkapnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode