SOLOPOS.COM - GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo (tengah), berbincang dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kanan), pada malam peringatan 100 hari mangkatnya KGPAA Mangkunegara IX di Pringgitan Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat (19/11/2021) malam. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengaku sudah mengetahui bahwa GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo akan menjadi penerus takhta di Pura Mangkunegaran dengan gelar Mangkunagoro (MN) X sejak sebelum pengumuman, Selasa (1/3/2022).

Gibran pun mengatakan sudah mengucapkan selamat kepada Bhre atas pengumuman tersebut. Ia mengaku sudah mengetahui akan ada pengumuman itu sejak Minggu (27/2/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kala itu ia ditelepon Bhre untuk menyampaikan undangan jumenengan pada Sabtu (12/3/2022)0 sekaligus memberi tahu rencana jumpa pers pengumuman dirinya sebagai MN X pada Selasa (1/3/2022). “Sudah teleponan. Ya kalau ketemu belum. Beliau hari ini baru mau pulang ke Solo,” kata Gibran.

Baca Juga: Sama-Sama Muda, Gibran Siap Gandeng Bhre dan Purbaya Majukan Kota Solo

Ekspedisi Mudik 2024

Gibran memastikan akan menghadiri jumenengan Bhre Cakrahutomo sebagai Mangkunagoro X di Pura Mangkunegaran Solo jika tidak ada halangan. Dua hari sebelum acara yakni pada Kamis (10/3/2022), Gibran mengaku harus ke Jakarta untuk menghadiri rapat koordinasi Asian Paragames.

Lebih lanjut, Gibran menyambut baik adanya pemimpin muda di Pura Mangkunegaran Solo maupun Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Ia berharap ke depan bisa saling bersinergi dengan Pemkot Solo.

“Saya melihat dia [Gusti Bhre] kreatif sekali. Ketika bertemu terakhir kemarin sudah ada konsep pengembangan pariwisata di Pura Mangkunegaran nanti. Ya nanti saya akan bertemu dengan Gusti Bhre maupun Gusti Purboyo [putra mahkota Keraton Solo KGPH Purubaya],” kata Gibran.

Baca Juga: Gibran, Bhre, hingga Purbaya, Kota Solo Penuh Tokoh Pemimpin Muda

Pengumuman

Sebelumnya, pengumuman Bhre Cakrahutomo sebagai penerus takhta MN IX disampaikan melalui jumpa pers oleh kerabat dan pengageng Pura Mangkunegaran Solo yakni Raden Tumenggung Supriyanto Waluya, Pengageng Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat, KPH Cuk Susilo, serta RMH Haryo Dananjoyo AB, Selasa (1/3/2022).

Lilik menyampaikan lembar pengumuman dengan judul wara-wara tersebut. Inti dari pengumuman yakni Gusti Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo menjadi penerus MN IX.

Selanjutnya bakal dinobatkan sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Mangkunagoro X (KGPAA) MN X dengan adat jumenengan dalem pada Sabtu Pahing tanggal 8 ruwah alip 1955 atau Sabtu (12/3/2022).

Baca Juga: Jadi MN X, Bhre Diharapkan Maksimalkan Eksistensi Mangkunegaran Solo

Masih berdasarkan wara-wara tersebut dituliskan bahwa penetapan penerus takhta telah melalui proses musyawarah antar keluarga besar serta kerabat mendiang KGPAA MN IX serta berdasarkan adat istiadat Pura Mangkunegaran Solo.

Sementara sebagai penandatangan surat pengumuman tersebut yakni dua saudara perempuan MN IX yakni GRAy Retno Rosati Notohadiningrat serta GRAy Retno Satuti Suryohadiningrat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya