Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Gibran-Menpora Tinjau Edutorium UMS dan De Tjolomadoe, Ini Hasilnya

Gibran dan Menpora meninjau Edutorium UMS dan De Tjolomadoe untuk venue ASEAN Para Games.
SHARE
Gibran-Menpora Tinjau Edutorium UMS dan De Tjolomadoe, Ini Hasilnya
SOLOPOS.COM - Menpora Zainudin Amali bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau dua lokasi venue APG Edutorium UMS pada Senin (20/6/2022). (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLOMenteri Pemuda dan Olahraga  (Menpora) Zainudin Amali dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang juga ketua ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) meninjau dua lokasi penyelenggaraan ASEAN Para Games (APG) pada Senin (20/6/2022) pagi.

Dua lokasi yang dikunjungi yakni Edutorium UMS dan De Tjolomadoe di Jl. Adisucipto. Edutorium bakal digunakan sebagai lokasi pertandingan para badminton sedangkan De Tjolomadoe digunakan sebagai lokasi tenis meja pada APG pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 mendatang.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Menpora dan Gibran sama-sama mencatatkan evaluasi di dua lokasi itu. Edutorium UMS hampir siap secara keseluruhan sedangkan De Tjolomadoe masih menyisakan beberapa catatan. Edutorium UMS rencananya difungsikan untuk lima lapangan bulu tangkis sedangkan De Tjolomadoe 15 table tenis meja.

Baca Juga: Perlombaan Renang APG Batal di Karanganyar, Pindah ke Semarang

Menpora menyebutkan kedua lokasi sudah layak digunakan. Edutorium UMS sudah siap digunakan namun masih ada beberapa catatan untuk De Tjolomadoe seperti pendingin ruangan, pelepasan karpet, toilet ramah difabel, dan pencahayaan.

“Mas Wali sudah menyampaikan tidak ada masalah,” kata Menpora.

Dia menyebutkan De Tjolomadoe bisa mengolaborasikan olahraga dan kultural. Para atlet bisa nyaman selama berada di lokasi pertandingan.

Baca Juga: Waduh! Kolam Renang Intanpari Karanganyar Batal Jadi Venue APG 2022

Menpora mengatakan seluruh kegiatan persiapan APG sudah berjalan. Tentunya harapan APG yakni sukses penyelenggaraan, prestasi, dan administrasi. Penyelesaian APG harus berjalan baik tanpa meninggalkan masalah di kemudian hari.

“APG harus membawa dampak baik ekonomi di Solo dan sekitarnya. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga bakal menyediakan alat transportasi ramah disabilitas. Kementerian yang lain juga bergerak,” kata dia.

Sementara itu, Gibran mengatakan kekurangan De Tjolomadoe segera diperbaiki seperti pemasangan toilet difabel dan pendingin ruangan. “Flooring segera kami ganti, karpet bisa dilepas. Seluruhnya nanti standar, memang sudah ada toilet tetapi nanti kami tambahkan,” kata dia.

Baca Juga: 18 Atlet NPC Ikuti Seleksi Cabor Panahan Persiapan APG 2022 di Solo

Dia memastikan seluruh persiapan sudah berjalan lancar termasuk opening, closing, dan venue. Dalam pekan depan, penyelenggara bakal menggencarkan publikasi penyelenggaraan APG. Pekerjaan rumah menyisakan renovasi kecil.

“Renovasi yang dilakukan itu renovasi kecil, bukan membangun dari nol. Renovasi itu seperti aksesibilitas. Sudah tidak ada rencana membangun dari nol. Tidak ada renovasi, semua akan siap sesuai timeline, sebelum 15 Juli 2022,” kata Gibran.

 

2.309 Atlet

APG sebagai acara multi-olahraga dua tahunan bakal diikuti oleh 2.309 peserta yang terdiri atas 1.648 atlet dan 661 ofisial dari 11 negara di Asia Tenggara yakni Brunei Darussalam,  Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.

Baca Juga: Convention Hall Tirtonadi Siap Sepenuhnya Jadi Venue APG 2022

APG akan mempertandingkan empat belas cabang olahraga yaitu blind judo, para badminton, para table tennis, para chess, para archery, para atletik, boccia, para powerlifting, para swimming, wheelchair tennis, wheelchair basketball, goalball, CP football, dan sitting volleyball. Sebanyak 14 cabang olahraga ini akan digelar di empat belas venue di Solo, Karanganyar, Sukoharjo, dan Semarang.

Lokasi-lokasi yang akan digunakan sebagai lokasi gelaran APG yakni De Tjolomadoe sebagai lokasi table tennis, Lorin Hotel lokasi para chess, Edutorium UMS sebagau lokasi para badminton. Kemudian Stadion Manahan sebagau lokasi athletic, Lapangan Tennis Manahan sebagai lokasi wheelchair tennis, GOR FKOR UNS lokasi boccia dan Lapangan Kota Barat lokasi archery.

Hotel Solo Paragon lokasi para powerlifting, Tirtonadi Convention Hall sebagai lokaso blind judo, GOR UTP sebagai lokasi sitting volley ball, GOR UNS lokasi goal ball, Stadion UNS lokasi football, GOR Sritex Arena lokasi wheelchair basketbal, dan GOR Jatidiri Semarang lokasi paraswimming.

 




Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode