SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran ngantor lagi setelah positif Covid-19. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan mengecek tarif sewa stan yang ditawarkan kepada pedagang pasar malam Sekaten di Alun-alun Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang mencapai Rp12 juta.

Gibran mempertanyakan tarif stan Sekaten yang mencapai Rp12 juta dan dianggap kemahalan oleh pedagang. “Rp12 juta iki apa? Coba nanti tak tilikane. Coba nanti ya terumana itu luasnya berapa? Nanti tak golekane,” katanya saat ditemui Solopos.com di Jl Gotong Royong, Kecamatan Jebres, Solo, Jumat (26/8/2022).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sebagai informasi, acara Sekaten bakal diselenggarakan selama sebulan pada 16 September sampai 16 Oktober 2022 setelah ditiadakan selama pandemi Covid-19. Acara pasar malam Sekaten di Keraton Solo dijalankan event organizer atau pihak ketiga.

Gibran menjelaskan Pemkot Solo mendukung sejumlah event yang diselenggarakan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat maupun Pura Mangkunegaran. “Ada Sekaten, kayak Mangkunegaran ada konser festival payung, banyak. Digenjot terus wae. Sip,” tuturnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebelumnya, Keraton Solo mulai menata lokasi pedagang untuk acara Sekaten. Pedagang nantinya menempati kios-kios yang disediakan di Alun-alun utara yang terbagi dalam beberapa zona.

Baca Juga: Sekaten Kembali Digelar, Pasar Malam di Alun-Alun Utara dan Alkid

Berdasarkan informasi pada leaflet penawaran stan Sekaten di Keraton Solo yang diterima Solopos.com, Jumat, ada 11 stan yang ditawarkan dengan harga bervariasi mulai Rp2,5 juta sampai Rp12 juta di Alun-alun utara. Perinciannya, stan tenda 4 meter x 4 meter seharga Rp12 juta.

Selanjutnya stan kerucut 4 meter x 4 meter Rp12 juta, stan tenda 4 meter x 3 meter Rp12 juta, stan tenda 4 meter x 3 meter Rp12 juta, stan tenda 4 meter x 3 meter Rp5 juta, kaveling 4 meter x 3 meter Rp3,5 juta, kerucut 3 meter x 3 meter Rp5 juta, kerucut hall dome 3 meter x 3 meter Rp7,5 juta.

Kemudian ada kerucut gladak 3 meter x 3 meter Rp7 juta, stan dome 3 meter x 3 meter Rp10 juta, kerucut pagelaran 3 meter x 3 meter Rp7 juta, kabeling grabah Rp2,5 juta.

Baca Juga: Tarif Sewa Stan Sekaten Keraton Solo sampai Rp12 Juta, Pedagang Sebut Kemahalan

Pendaftaran dan Pemesanan Stan

Adapun penyelenggara acara membagi dua zona, masing-masing zona A dan zona B. Informasi pendaftaran dan pemesanan stan bisa melalui sejumlah nomor telepon, antara lain 081226293008, 081326235588, 0817440798, 081235694517.

Rofik, salah satu pedagang yang diwawancarai Solopos.com, Rabu (24/8/2022), mengaku sudah melihat selebaran atau leaflet penawaran stan Sekaten yang diterbitkan penyelenggara. Ia mengaku keberatan dengan harga sewa stan ada Sekaten Keraton Solo tahun ini.

Harga sewa itu naik dibanding Sekaten sebelumnya yang hanya sekitar Rp1 juta. “Jelas keberatan, harga sebelumnya cuma Rp1 juta, sekarang naik sampai Rp12 juta kan ini naiknya sudah sangat banyak. Kami yang sudah jualan bertahun-tahun lamanya ya bisa tersingkir kalau harganya segitu,” ulasnya.

Baca Juga: Asyik! Tahun Ini Tradisi Sekaten Kembali Digelar di Keraton Solo

Sementara itu, Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KRA Dani Nur Adiningrat, mengatakan Sekaten digelar di tiga lokasi. Ketiganya yakni Alun-alun Kidul, Area Pagelaran dan Alun-alun Utara. Acara ini juga diisi Pasar Rakyat yang digelar selama berlangsungnya acara mulai 16 September 2022 hingga 16 Oktober 2022.

“Untuk acara Pasar Malam nanti diadakan pihak ketiga seperti tahun-tahun sebelumnya. Kami juga sudah membuka sekretariat untuk informasi dan pemesanan stan bisa menghubungi nomor yang tertera dalam selebaran,” ungkapnya.

Di sisi lain, saat Solopos.com berupaya menghubungi nomor telepon yang tertera pada selebaran tersebut, tidak ada yang merespons.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya