Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Gibran Ingin Ubah Nama Jl. Diponegoro Solo, Pendiri Mega Bintang Tak Setuju

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, ingin mengganti nama Jl. Diponegoro menjadi Jl, Nagrsapura. Tokoh masyarakat Solo, Mudrick Sangidoe, tak setuju dengan rencana tersebut.
SHARE
Gibran Ingin Ubah Nama Jl. Diponegoro Solo, Pendiri Mega Bintang Tak Setuju
SOLOPOS.COM - Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solo, bersama petugas pengelola pasar dan pedagang Pasar Triwindu Solo membersihkan koridor Ngarsopuro di Jl. Diponegoro, Solo, Selasa (8/3/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Rencana Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengubah nama Jl. Diponegoro Solo menjadi Jl. Ngarsapura mulai mendapat penolakan. Salah satunya dari Ketua Dewan Pembina Mega Bintang, Mudrick Sangidu.

Kepada Solopos.com, Sabtu (3/12/2022), Mudrick, mengaku sudah melayangkan surat kepada Gibran. Di surat itu dia memohon Gibran tak mengubah nama jalan tersebut. “Kami memohon kepada Pak Wali Kota untuk membatalkan rencana penggantian nama Jl. Pangeran Diponegoro menjadi Jl. Ngarsapura,” tutur dia.

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

Ada beberapa alasan yang mendasari Mudrick untuk menolak pengupahan nama jalan tersebut. Menurutnya, sosok Pangeran Diponegoro yang merupakan pahlawan nasional yang telah berjuang mengusir penjajah yaitu Belanda dari Indonesia. Karena nama besar dan jasanya itu, nama Pangeran Diponegoro dinilai sangat layak untuk dijadikan nama jalan.

“Selayaknya nama besar Pangeran Diponegoro diabadikan sebagai nama jalan, sebagai bentuk peghargaan bangsa Indonesia atas jasa beliau memerangi penjajah kolonial Belanda,” terang dia.

Baca Juga: Jalan ke Mangkunegaran Solo Diaspal, Gibran Bantah untuk Pernikahan Kaesang

Alasan lainnya adalah nama Ngarsapura sudah dijadikan sebagai nama pasar. Pasar itu terletak di sisi barat dari Jl. Diponegoro atau selatan Pura Mangkunegaran. Mudrick juga mengungkapkan setiap daerah memiliki jalan dengan nama Pangeran Diponegoro. “Kota-kota di Indonesia hampir pasti ada nama Jl. Pangeran Diponegoro,” urai dia.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Jl. Diponegoro Solo terletak di depan Pura Mangkunegaran Solo. Jalan itu menghubungkan Jl. Slamet Riyadi dengan Jl. Ronggowarsito di selatan Pura Mangkunegaran. Dulu, lokasi tersebut dipakai untuk Night Market Ngarsapura.

Namun dikarenakan sedang dalam tahap revitalisasi, beberapa bulan terakhir Night Market Ngarsapura dipindah ke Jl. Bhayangkara, Sriwedari. Di pinggir Jl. Diponegoro ada Pasar Triwindu yang menjadi salah satu destinasi wisata barang-barang antik.

Baca Juga: Intip Wajah Baru Ngarsopura dan Koridor Gatsu Solo yang Kian Memesona

Kilas Balik 2022 - Emagz Solopos

Kawasan Ngarsapura juga merupakan salah satu ruang publik yang cukup banyak dikunjungi anak-anak muda. Sebab di kawasan itu terdapat beberapa spot khas Solo dan dilengkapi beberapa warung kopi atau coffee shop.



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode