[ X ] CLOSE

Gibran Ingin Kawasan Ngarsopuro-Gatsu Jadi "Malioboro Solo", Setuju?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengangkat kembali rencana menjadikan kawasan Ngarsopuro dan Jl Gatsu jadi mirip Malioboro.
Gibran Ingin Kawasan Ngarsopuro-Gatsu Jadi "Malioboro Solo", Setuju?
SOLOPOS.COM - Kondisi koridor Ngarsopuro di Jl Diponegoro, Solo, Senin (29/3/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kembali mengangkat soal rencana menyulap kawasan Jl Diponegoro Ngarsopuro hingga koridor Jl Gatot Subroto (Gatsu) menyerupai kawasan Malioboro di Jogja.

Hal itu diungkapkan Gibran lewat unggahan di akun Instagram @gibran_rakabuming, Sabtu (27/2/2021). Dalam unggahan itu, pengelola akun tersebut memasang foto Gibran tengah mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berjalan-jalan di kawasan itu.

"Masih mendampingi Pak Basuki Hadimuljono untuk melanjutkan peninjauan kawasan Ngarsopuro dan kawasan Jalan Gatot Subroto. Seperti yang saya ungkapkan sebelumnya, area ini jika diberikan sentuhan-sentuhan khusus, maka tempat ini cocok menjadi 'Malioboronya Solo'," tulis pengguna akun @gibran_rakabuming pada keterangan foto tersebut.

Baca Juga: Jelang Paskah, Polresta Solo Siapkan Operasi Pengamanan Gabungan Skala Besar

Untuk mewujudkan kawasan itu sebagai Malioboro, Wali Kota Solo Gibran menilai ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan. Ia menyebut ada trotoar yang perlu perbaikan, lampu jalanan yang dibiarkan mati, PKL yang kurang tertata.

Selain itu, ruang terbuka hijau juga masih minim dan patung-patung di Pasar Triwindu banyak yang rusak beberapa tahun ini.

Baca Juga: Mudik Lebaran Dilarang, Pengusaha Rental Mobil Sukoharjo Bengok Keberatan

Gibran menyebut salah satu daya tarik jika Ngarsopuro dan koridor Jl Gatsu dibuat menjadi Malioboro Solo yakni adanya galeri seni milik Sardono Kusumo.

"Di galeri ini pernah ditampilkan perjalanan 200 tahun pujangga dari Solo yang mengagumkan. Tentu area ini akan menjadi penyempurna perjalanan wisatawan Kawasan Ngarsopuro," lanjut pengelola akun @gibran_rakabuming.

Baca Juga: Gara-Gara SK Pensiun, Anggota Praja Sragen Layangkan Gugatan ke PTUN

Unggahan Gibran mengenai rencana revitalisasi Ngarsopura dan Gatsu menjadi mirip Malioboro mendapat sambutan positif dari warganet. Mayoritas mereka mendukung rencana itu.

"@gibran_rakabuming woow..bakalan tambah keren nantinya galeri mural @soloissolo di jalan gatot subroto," tulis pengguna akun @cumacumisolo di kolom komentar.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago