SOLOPOS.COM - Putra almarhum Mangkunagoro IX, GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo (ketiga dari kiri), berbincang dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kedua dari kanan), pada malam peringatan 100 hari mangkatnya KGPAA Mangkunegara (MN) IX di Pringgitan Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat (19/11/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pura Mangkunegaran Solo mengundang 300 tamu untuk menghadiri acara jumenengan atau upacara kenaikan takhta GPH Bhre Cakrahutomo sebagai Mangkunagoro X, Sabtu (12/3/2022).

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com, di antaranya tamu undangan itu ada Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Paku Buwono XIII, serta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Selain itu, mantan Wali Kota Solo dua periode, FX Hadi Rudyatmo, juga mendapat undangan ke acara tersebut. Belum ada informasi lebih lanjut siapa lagi tokoh yang diundang ke acara bersejarah tersebut.

Baca Juga: Intip Yuk, Persiapan Jumenengan Mangkunagoro X di Mangkunegaran Solo

Pun belum diketahui apakah PB XIII, Gibran, dan Rudy akan menghadiri undangan jumenengan Mangkunagoro X itu. PB XIII belum bisa dimintai konfirmasi soal itu.

Di sisi lain, Gibran malah terkonfirmasi positif Covid-19 sejak Jumat (4/3/2022) dan harus menunggu sampai Jumat (11/3/2022) untuk memastikan Gibran sudah negatif atau belum.

Bhre Antar Undangan PB XIII

Sementara itu, Rudy, saat ditemui wartawan di Pucangsawit, Solo, Rabu (9/3/2022), juga mengaku belum bisa memastikan apakah bisa hadir atau tidak. Ia mengatakan harus melihat agendanya pada hari yang sama.

Baca Juga: Paundra Diangkat sebagai Pangeran Sepuh di Mangkunegaran Solo?

Jumlah tamu undangan yang mencapai 300 orang itu diungkapkan Pengageng Wedhana Satria Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso. Kepada wartawan, Rabu, Lilik mengatakan ada 300 tamu yang diundang untuk menghadiri Jumenengan Dalem KGPAA Mangkunagoro X.

Tamu yang diundang termasuk Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Paku Buwono (PB) XIII. GPH Bhre Cakrahutomo mengantar sendiri undangan untuk PB XIII ke Keraton Solo pada Senin (7/3/2022) ditemani Lilik.

Secara umum, Lilik mengatakan persiapan Jumenengan sudah mencapai 80 persen. Masih ada waktu dua hari untuk terus mematangkan persiapan acara itu.

Baca Juga: Ekspektasi Tinggi, Pemerhati Budaya Solo Sampaikan Ini pada Sosok Bhre

Seperti diketahui, keluarga Pura Mangkunegaran Solo memilih GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai penerus Mangkunagoro IX yang wafat pada Agustus 2021 lalu. Bhre merupakan putra bungsu Mangkunagoro IX dari permaisuri GKP Prisca Marina Yogi Supardi.

Ekspektasi Tinggi

Usianya 24 tahun dan kini bekerja pengacara di Jakarta. Meski masih muda, Bhre cukup aktif dalam kegiatan-kegiatan di Mangkunegaran Solo. Salah satunya dipercaya menjadi pengawas proyek revitalisasi bangunan Pura Mangkunegaran Solo.

Pemerhati budaya Kota Solo, Tundjung W Sutirto, melihat adanya ekspektasi berlebih dari masyarakat terhadap Pura Mangkunegaran seiring segera naik takhtanya GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunagoro X.

Baca Juga: Antar Sendiri Undangan Jumenengan ke Keraton Solo, Bhre Dapat Pujian

Sebab muncul resonansi ihwal kepemimpinan Solo oleh anak-anak muda atau kaum milenial, termasuk di Pura Mangkunegaran.

“Karena besarnya ekspektasi masyarakat terhadap Mangkunegaran, kata kuncinya bagaimana GPH Bhre membangun suasana dialog dengan masyarakat budaya sebagai pendukung Mangkunegaran sebagai entitas budaya. Jangan membangun eksklusivitas saat ekspektasi masyarakat tinggi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya